Enam Aktivitas di Alam Terbuka yang Baik untuk Kesehatan Mental

Kompas.com - 11/10/2019, 16:20 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Selama bertahun-tahun, para pakar mengatakan bahwa menghabiskan diri di alam terbuka baik untuk kesehatan mental kita. Rasanya, penilaian tersebut tidak akan berubah dalam waktu dekat.

Bahkan semua laporan terbaru dari The Wildlife Trusts yang dipublikasikan pada Hari Kesehatan Mental Dunia kemarin menemukan, alam bisa menjadi pendekatan non-medis yang mampu memberikan dampak positif terhadap suasana hati orang-orang dengan kondisi kesehatan mental yang buruk.

Dengan banyaknya studi yang mendukung hal tersebut, apa saja cara terbaik yang bisa kita manfaat untuk menikmati manfaat alam terhadap kesehatan mental?

1. Jalan kaki selama 20 menit

Awal tahun ini, para ilmuwan menemukan bahwa menghabiskan waktu selama 20-30 menit di alam terbuka bisa menurunkan tingkat hormon stres (kortisol) hingga 10 persen.

Menghabiskan waktu di alam terbuka hijau memberikan manfaat terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan seseorang, namun 20 menit awal merupakan yang paling efisien.

Bahkan jika kita tinggal di kota besar, penulis studi mengatakan bahwa berada di luar rumah atau kantor dan menghabiskan waktu di sekeliling pohon atau rerumputan juga cukup memberikan efek.

Baca juga: Ed Sheeran - Pangeran Harry, antara Rambut Jagung dan Kesehatan Mental

2. Makan siang di luar

Jika kamu bukan pribadi yang aktif atau tidak sedang ingin pergi ke luar, kamu tak perlu menghabiskan waktu terlalu lama di alam.

Menurut pemimpin studi, Dr Mary Carol Hunter, duduk di tempat dengan rangsangan alam juga bisa memberikan dampak. Kamu bisa memanfaatkan waktu makan siang untuk ke luar dari rumah atau kantor.

3. Berolahraga di taman

Selain menurunkan hormon stres, berolahraga di alam terbuka juga bisa meningkatkan kesejahteraan diri seseorang.

Konsultan psikiatri dari Re: Cognition Health, Dr Dimitrios Paschos, mengungkapkan, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kegembiraan seseorang untuk menangkal depresi. Seperti melakukan yoga atau olahraga.

Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) juga mendukung olahraga sebagai bagian dari cara meningkatkan kesehatan mental.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X