Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Aktivitas di Alam Terbuka yang Baik untuk Kesehatan Mental

Kompas.com - 11/10/2019, 16:20 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama bertahun-tahun, para pakar mengatakan bahwa menghabiskan diri di alam terbuka baik untuk kesehatan mental kita. Rasanya, penilaian tersebut tidak akan berubah dalam waktu dekat.

Bahkan semua laporan terbaru dari The Wildlife Trusts yang dipublikasikan pada Hari Kesehatan Mental Dunia kemarin menemukan, alam bisa menjadi pendekatan non-medis yang mampu memberikan dampak positif terhadap suasana hati orang-orang dengan kondisi kesehatan mental yang buruk.

Dengan banyaknya studi yang mendukung hal tersebut, apa saja cara terbaik yang bisa kita manfaat untuk menikmati manfaat alam terhadap kesehatan mental?

1. Jalan kaki selama 20 menit

Awal tahun ini, para ilmuwan menemukan bahwa menghabiskan waktu selama 20-30 menit di alam terbuka bisa menurunkan tingkat hormon stres (kortisol) hingga 10 persen.

Menghabiskan waktu di alam terbuka hijau memberikan manfaat terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan seseorang, namun 20 menit awal merupakan yang paling efisien.

Bahkan jika kita tinggal di kota besar, penulis studi mengatakan bahwa berada di luar rumah atau kantor dan menghabiskan waktu di sekeliling pohon atau rerumputan juga cukup memberikan efek.

Baca juga: Ed Sheeran - Pangeran Harry, antara Rambut Jagung dan Kesehatan Mental

2. Makan siang di luar

Jika kamu bukan pribadi yang aktif atau tidak sedang ingin pergi ke luar, kamu tak perlu menghabiskan waktu terlalu lama di alam.

Menurut pemimpin studi, Dr Mary Carol Hunter, duduk di tempat dengan rangsangan alam juga bisa memberikan dampak. Kamu bisa memanfaatkan waktu makan siang untuk ke luar dari rumah atau kantor.

3. Berolahraga di taman

Selain menurunkan hormon stres, berolahraga di alam terbuka juga bisa meningkatkan kesejahteraan diri seseorang.

Konsultan psikiatri dari Re: Cognition Health, Dr Dimitrios Paschos, mengungkapkan, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kegembiraan seseorang untuk menangkal depresi. Seperti melakukan yoga atau olahraga.

Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) juga mendukung olahraga sebagai bagian dari cara meningkatkan kesehatan mental.

Pada situsnya, NHS menuliskan: "aktif secara fisik bisa meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan, merangsang pelepasan endorfin, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Olahraga juga bisa menjadi distraksi terhadap pikiran-pikiran negatif dan meningkatkan interaksi sosial.

Baca juga: Dampak Buruk Berita Hoax pada Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

4. Berkebun

Sejumlah studi juga menunjukkan, bahwa bekerja secara aktif dengan tanaman bisa mengurangi stres.

Sebuah studi di tahun 2015 membandingkan dua aktivitas, yaitu bekerja dengan mengolah data dan merawat tumbuhan. Studi tersebut menemukan bahwa partisipan cenderung lebih tenang ketika bekerja dengan alam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com