Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sebabnya Olahraga Dua Kali Sehari Buruk untuk Kesehatan

Kompas.com - 11/10/2019, 20:35 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semua orang tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan. Beberapa orang bahkan melakukannya lebih dari satu kali dalam sehari.

Memperbanyak aktivitas fisik akan mengurangi risiko terkena penyakit dan bisa meningkatkan performa tubuh kita.

Olahraga juga bisa mempercepat pertumbuhan otot, meningkatkan sintesis protein, dan kapasitas metabolik.

Jadi, jika targetmu adalah penurunan berat badan atau target kompetisi, olahraga dua kali sehari bisa membantumu meraih target kebugaran lebih cepat. Namun, jika hal ini dilakukan dengan benar.

Sebab, tanpa strategi yang tepat, olahraga hingga dua kali sehari justru bisa berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Memilih Jenis Olahraga Sesuai Kepribadian

Apa alasannya?

Kebanyakan orang bahkan sulit menemukan waktu olahraga satu kali sehari, namun ada orang lainnya yang super aktif dan bersemangat untuk berolahraga.

Olahraga dua kali sehari sebetulnya umum dilakukan oleh para atlet ketika latihan untuk kompetisi spesifik, sehingga mereka bisa melatih bagian tubuh secara spesifik dalam sehari.

Namun, jika bukan seorang profesional, olahraga dua kali sehari bisa membebani tubuh secara berlebih dan bisa melipatgandakan risiko olahraga berlebih.

Olahraga berlebih bisa berdampak buruk pada sistem neuromuskular, meningkatkan kemungkinan cedera, mengganggu pola tidur, hingga menurunkan sistem imun.

Terlalu banyak berolahraga membuat tubuh tidak punya cukup waktu untuk pemulihan di antara waktu olahraga, itulah mengapa risiko cedera meningkat.

Apalagi jika olahraga yang dipilih adalah olahraga intensitas tinggi. Hal itu bisa memicu kelelahan fisik ekstrim, ketidakseimbangan hormon dan weight loss plateau alias berat badan tidak bisa lagi turun.

Baca juga: Olahraga Bantu kembangkan Fungsi Otak

Apa yang harus dilakukan?

Usahakan melakukan olahraga dalam jumlah moderat. Jika memang ingin berolahraga sehari dua kali, pilihlah olahraga low impact. Selain itu, jangan jadikan itu sebagai kebiasaan dan lakukan kembali di pekan berikutnya.

Jika kamu mempraktikkan Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) di pagi hari dan ingin melakukannya kembali di sore hari, pilihlah yoga atau jogging untuk sore hari.

Jangan lupa sediakan waktu pemulihan, karena kamu harus menjaga olahraga tetap seimbang.

Baca juga: Tips Olahraga Efektif dalam 15 Menit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com