Carlsberg Bikin Botol Kertas untuk Bir

Kompas.com - 14/10/2019, 10:48 WIB
Carlsberg CarlsbergCarlsberg
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak perusahaan mulai menerapkan produk ramah lingkungan, termasuk perusahaan bir Carlsberg.

Menurut laman New York Post, perusahaan bir yang didirikan pada 1847 itu membuat botol bir kertas pertama yang terbuat dari serat kayu berkelanjutan dengan interior berlapis untuk mencegah rembes.

Dua prototipe sedang dikerjakan untuk produk yang mereka sebut Green Fiber Bottle.

Yang pertama dengan lapisan tipis plastik polietilen tereftalat (PET) yang dapat didaur ulang; dan yang kedua menggunakan film polimer polietilen furanoat (PEF) yang 100 persen biobased, artinya terbuat dari sumber alami yang juga dapat terurai secara alami.

Ada pun gagasan ini merupakan ide Carlsberg untuk mencapai nol emisi karbon di pabriknya pada tahun 2030.

"Meskipun kami belum sepenuhnya berada di sana, kedua prototipe adalah langkah penting untuk mewujudkan ambisi utama kami untuk membawa terobosan ini ke pasar," kata Myriam Shingleton, wakil presiden pengembangan Carlsberg.

"Inovasi membutuhkan waktu dan kami akan terus berkolaborasi dengan para ahli terkemuka untuk mengatasi tantangan teknis yang tersisa, seperti yang kami lakukan dengan Snap Pack plastik kami (Kemasan kaleng bir plastik-gratis)."

Dia juga menambahkan, kertas lebih disukai daripada aluminium atau kaca karena bersumber secara berkelanjutan dan memiliki "dampak yang sangat rendah pada proses produksi."

Sejak 2015, Carlsberg telah mengerjakan model tersebut dengan perusahaan teknologi ecoXpac dan peneliti di Danish Technical University. Mereka memproduksi botol-botol uji dengan bantuan dari perusahaan pengemasan BillerudKorsnäs.

Pembuat bir yang berbasis di Denmark adalah satu di antara sejumlah merek konsumen, termasuk Absolut dan L'Oréal, yang menyebut diri mereka bagian dari Paboco, atau "komunitas botol kertas," menurut sebuah pengumuman yang dibuat pada KC40 World Mayor Summit di Copenhagen.

"Kemitraan seperti ini, yang disatukan oleh keinginan untuk menciptakan inovasi berkelanjutan, adalah cara terbaik untuk membawa perubahan nyata," kata Shingleton.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NYPost
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X