Cerita Bos Garuda Indonesia Ajak Didiet Maulana Rancang Baju Pramugari

Kompas.com - 15/10/2019, 12:16 WIB
Seragam pramugari dan pramugara Garuda Indonesia x IKAT by Didiet Maulana KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYASeragam pramugari dan pramugara Garuda Indonesia x IKAT by Didiet Maulana

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai yang selalu konsisten menggunakan busana tradisional Indonesia dalam seragam pramugari dan pramugaranya.

Setelah menggandeng Anne Avantie beberapa bulan lalu, kini giliran Didiet Maulana yang dipercaya untuk mendesain baju para awak kabin yang mengangkat keindahan tenun.

Baca juga: Cantiknya Pramugari Garuda Indonesia Pakai Rancangan Didiet Maulana

Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengungkapkan, kolaborasi dengan desainer adalah bagian dari program mengenalkan desainer Indonesia ke kancah dunia.

Program pergantian seragam setiap 3-4 bulan sekali ini sekaligus memberikan penyegaran kepada penumpang.

Pemilihan Didiet sebagai desainer, kata Ari, tak lepas dari rekomendasinya. Ia mengaku sudah lama tahu dan suka rancangan desainer Indonesia tersebut.

"Salah satu kekuatan Mas Didiet ini adalah melakukan research, jadi bukan sembarangan membuat suatu karya. Ada cerita di baliknya, sehingga hal itu menarik," kata Ari di Jakarrta, Senin (14/10/2019).

Seragam pramugari dan pramugara Garuda Indonesia x IKAT by Didiet MaulanaKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Seragam pramugari dan pramugara Garuda Indonesia x IKAT by Didiet Maulana

Nilai tambah lain adalah Didiet sangat memerhatikan para pengrajin kain nusantara.

Dalam kolaborasi ini, Didiet mengakui jika ia menggandeng sekitar 50 pengrajin kain. Belum termasuk para desainer dari IKAT Indonesia yang turut serta merancang seragam pramugari Garuda Indonesia.

Sementara itu, Didiet sendiri mengaku senang dapat turut serta diajak berkolaborasi dengan Garuda Indonesia. Seragam yang diberi judul Puspa Nusantara ini juga mendapat masukan serta inspirasi dari Garuda Indonesia.

"Ada 10-20 persen koreksi desain, selebihnya Mas Didiet yang merancang," ujar Ari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X