Makanan yang Paling Memicu Jerawat

Kompas.com - 15/10/2019, 13:48 WIB
ilusrasi wanita berjerawat Tomwang112ilusrasi wanita berjerawat

KOMPAS.com - Beberapa pola makan, level stres yang tinggi, dan juga paparan polusi, merupakan faktor yang berkaitan dengan masalah jerawat.

Walau tidak semua pakar setuju dengan pendapat makanan tertentu bisa memicu jerawat, tetapi cukup banyak bukti yang menyebutkan sebaliknya.

Salah satunya adalah studi tentang jerawat yang melibatkan 6.700 orang dari 6 negara di Eropa dan Amerika.

Hasil analisis itu menunjukkan bahwa orang yang punya masalah jerawat mengonsumsi produk susu setiap hari dibandingkan dengan yang tidak berjerawat (48,2 persen dibanding 38,8 persen).

Hal yang sama juga terlihat pada konsumsi soda, jus atau sirup. Mereka yang berjerawat lebih sering mengonsumsinya. Sementara itu untuk cokelat dan roti, perbandingannya 37 persen dan 27,8 persen.

Hasil studi itu juga menemukan, 11 persen penderita jerawat mengonsumsi protein whey dibandingkan dengan yang tidak berjerawat. Konsumsi steroid anabolik juga lebih banyak pada orang yang jerawatan.

Paparan polusi dan stres juga lebih umum dialami orang berjerawat. Mereka juga lebih sering memakai produk skincare yang keras.

Studi ini hanya menunjukkan kaitan antara jerawat dan faktor-faktor itu, bukan hubungan sebab akibat.

Jerawat diperkirakan dialami oleh 1 dari 10 orang di dunia dan 40 persen wanita dewasa masih mengalaminya.

Meski tidak membahayakan jiwa, tetapi jerawat merupakan salah satu penyebab masalah mental, termasuk depresi. Jerawat yang sulit diobati juga jadi alasan utama orang berobat ke dokter kulit.

Baca juga: Jerawat Batu Juga Bisa Timbulkan Bekas di Wajah

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X