Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Milenial Mendambakan Sistem Kerja yang Fleksibel

Kompas.com - 15/10/2019, 21:52 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Apa faktor terpenting yang kamu cari dalam memilih pekerjaan? Sebagian orang mungkin memandang gaji sebagai faktor utama, tapi tak sedikit juga yang mencari fleksibilitas sebagai faktor utama yang harus dimiliki dalam sebuah perusahaan.

Survei baru-baru ini menemukan, bahwa lebih dari setengah generasi milenial (52 persen) menganggap budaya tempat kerja adalah hal yang paling penting.

Penyedia web conferencing video PowWowNow mensurvei para milenial, dengan tujuan untuk mencari tahu seperti apa masa depan tempat kerja nantinya.

Dari survei tersebut ditemukan bahwa pada tahun 2025, 75 persen dari tenaga kerja akan diisi oleh generasi milenial, dengan 70 persen dari mereka ingin bekerja secara fleksibel.

Baca juga: Karyawan vs Entrepreneur, Mana Pilihan Milenial?

Sementara itu, sebanyak 64 persen ingin dapat bekerja ‘remote’ dari luar kantor, sedangkan 43 persen lebih suka bekerja lepas ketimbang harus bekerja 9-5.

Pelatih bisnis Ruth Kudzi mengatakan, bekerja jarak jauh di luar kantor tidak sepenuhnya positif, karena menurutnya ada tipe kepribadian di mana kantor memberikan satu-satunya dukungan sosial yang mereka butuhkan.

Jika hal tersebut tidak terpenuhi, justru berisiko menyebabkan timbulnya rasa kesepian dan itu bisa berefek buruk pada kesehatan.

"Tetapi bagi kebanyakan orang, memiliki kendali atas cara mereka bekerja akan sangat menguntungkan. Sebuah bisnis perlu memertimbangkan cara ini dengan rencana pelatihan karyawan mereka," ujar Ruth.

Baca juga: Kriteria yang Diinginkan HRD dari Kandidat Milenial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com