Benarkah Sauna Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 15/10/2019, 23:00 WIB
Ilustrasi sauna nd3000Ilustrasi sauna

KOMPAS.com - Bagi mereka yang ingin berkeringat, sauna memang bisa menjadi tempat terbaik. Namun, itu bukan pilihan terbaik untuk orang-orang yang berpikir bahwa kombinasi suhu panas dan hilangnya cairan tubuh dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Banyak orang percaya, menghabiskan 15 hingga 30 menit di sauna, pada suhu mencapai 195 derajat Fahrenheit atau 90.5 derajat celcius, dapat membantu mengurangi beberapa kilogram berat badan.

Ini karena banyak tips olahraga yang menyebutkan, bahwa ketika kamu berkeringat, maka tubuh juga kehilangan lemak.

Tetapi menurut para ahli kebugaran, sauna bisa sedikit membantu dalam penurunan berat badan. Meski, berkeringat sambil duduk di ruangan panas itu selama beberapa menit hanya mengurangi berat air.

Baca juga: Begini Cara Sauna Membersihkan Kulit

Itu berarti kamu hanya kehilangan air dari tubuh dan tidak ada pembakaran lemak. Di sauna, tubuh tidak membakar sejumlah kalori dan tidak membangun otot.

Selain itu, mudah untuk mengembalikan berat air yang hilang hanya dengan minum. Di sisi lain, suhu tinggi di sauna dapat meningkatkan detak jantung seperti halnya selama latihan fisik.

Hal itu memang ada benarnya, tetapi meningkatnya detak jantung hanya membakar kalori sedikit lebih banyak daripada duduk diam dan jauh dari aktivitas fisik yang berat.

Ada juga mitos tentang sauna yang bisa membantu membakar 300 hingga 1.000 kalori dalam 30 menit.

Padahal pada treadmill atau latihan HIIT (High Intensity Interval Training), kehilangan 14 kalori per menit sudah dianggap sangat tinggi dan sulit dipertahankan.

Jadi, hanya duduk dan menikmati suhu panas tampaknya tidak benar-benar akan membantumu membakar ratusan hingga seribu kalori.

Baca juga: Hindari, 6 Kesalahan Umum Saat Melakukan HIIT

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X