Kompas.com - 16/10/2019, 06:57 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, sauna dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk relaksasi. Ternyata, sauna punya lebih banyak manfaat dari sekadar membuat santai dan mengeluarkan keringat.

Bahkan, banyak manfaat sauna yang sama dengan manfaat yang didapatkan dari berolahraga.

Temuan tersebut didapatkan dari sebuah kumpulan riset yang dipublikasikan di Mayo Clinic Proceedings di tahun lalu.

Ketika kita melakukan sauna tubuh memberi respons sama dengan ketika kita berolahraga. Denyut jantung juga meningkat hingga 120-150 bit per menit, temperatur tubuh meningkat, kita berkeringat, dan tubuh mendapatkan hormon-hormon seperti noradrenaline dan hormon pertumbuhan.

Sejumlah respons tersebut akan berdampak pada perubahan fisik kita, di mana kita bisa melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis.

Menurut riset, semakin sering seseorang mengunjungi sauna maka risiko penyakit jantung fatal dan kematian secara umum akan lebih rendah.

Baca juga: Benarkah Sauna Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Mereka yang mengunjungi sauna setidaknya empat kali seminggu memiliki penurunan risiko demensia hingga 66 persen lebih tinggi daripada mereka yang hanya datang sekali seminggu.

Sauna secara rutin juga bisa membantu mengurangi peradangan dan sakit pada penderita arthritis.

Lebih jauh, sauna bisa memberi manfaat yang lebih besar ketika seseorang sudah berolahraga. Para peneliti menyimpulkan, kombinasi tingkat kebugaran yang baik dari latihan aerobik rutin digabungkan dengan mandi sauna bisa meningkatkan ketahanan kardiovaskular.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.