Jernihkan Hari dengan Cara Memperbaiki Mood Berikut Ini

Kompas.com - 16/10/2019, 07:33 WIB
Ilustrasi bahagia shutterstockIlustrasi bahagia
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apa yang kamu lakukan apabila mood tiba-tiba turun dan mengurangi gairah untuk beraktivitas?

Kita mungkin melakukan hal-hal yang tidak menyehatkan. Sebut saja, binge eating, merokok, hingga mengonsumsi alkohol berlebihan.

Padahal, sejumlah cara memperbaiki mood bisa dengan mudah dilakukan dan berdampak positif. Beberapa cara memperbaiki mood berikut ini, ada yang bersifat instan, ada pula yang perlu rutin diterapkan.

Mengonsumsi makanan tertentu, bisa dilakukan sebagai cara memperbaiki mood dengan komitmen jangka panjang, untuk merasakan manfaatnya. Misalnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 hingga makanan probiotik.

Ada pula cara memperbaiki mood secara instan, seperti memeluk orang-orang terkasih, tidur siang, hingga mandi dengan air hangat.

Sama pentingnya, berikut ini beberapa cara memberbaiki mood secara instan maupun yang membutuhkan komitmen jangka panjang, untuk dicoba.

1. Memeluk orang terkasih

Memeluk anak, sahabat, atau pasangan, merupakan cara memperbaiki mood yang sangat instan untuk dilakukan. Dalam sebuah studi di Australia, pria yang sering memberikan pelukan, cenderung lebih bahagia daripada mereka yang tidak melakukannya.

Berpelukan dapat memberikan perasaan nyaman dan dicintai. Kegiatan ini juga menurunkan laju pernapasan, mengurangi tekanan darah, serta meningkatkan produksi hormon oksitosin. Hormon ini juga dikenal sebagai hormon cinta.

Baca juga: Sadarilah, 10 Alasan untuk Lebih Banyak Berpelukan

2. Mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X