Rutin Sauna Membantu Meningkatkan Performa Lari

Kompas.com - 16/10/2019, 08:15 WIB
Ilustrasi menikamti sauna WavebreakmediaIlustrasi menikamti sauna

KOMPAS.com - Sauna memiliki banyak manfaat. Mulai dari mengurangi risiko kematian, penurunan risiko demensia, meningkatkan ketahanan kardiovaskular, dan lainnya.

Ketika manfaatnya mungkin tidak perlu lagi dibantah, sauna ternyata juga bisa meningkatkan performa lari seseorang. Bahkan, ketika orang tersebut merupakan individu yang sudah terlatih.

Dalam sebuah studi, satu kelompok kecil yang merupakan pelari jarak jauh terlatih duduk di ruang sauna selama 30 menit setelah berlatih selama empat minggu.

Mereka meningkatkan performa mereka dalam uji kelelahan hingga 32 persen dan menurunkan waktu lari 5K mereka hampir dua persen hanya dalam tiga minggu.

Baca juga: Sauna Punya Manfaat Kesehatan Sama Seperti Olahraga

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sauna, lakukanlah setelah berolahraga, di mana tubuh masih dalam keadaan sedikit dehidrasi.

Sebab, Ahli fisiologi olahraga Stacy Sims, Ph.D menjelaskan, saat tubuh sedikit dehidrasi, volume darah akan lebih rendah.

Ketika masuk ke ruang sauna, tubuh akan merespons lingkungan panas dengan mengirimkan darah ke kulit, sehingga kita bisa berkeringat dan menghindari kondisi terlalu kepanasan (overheating).

Karena tubuh kita hanya punya jumlah darah yang terbatas, tubuh harus mengurangi aliran darah dan oksigen ke organ-organ tubuh, sehingga ginjal terstimulasi untuk memproduksi erythropoietin (EPO) -hormon yang biasa dimanfaatkan untuk meningkatkan performa- dan volume plasma, yang bisa meningkatkan volume darah dan performa setelahnya.

Sauna setelah olahraga juga merupakan rahasia daya tahan para atlet untuk berkompetisi pada suhu panas atau pada ketinggian.

Sauna memasang kembali ambang batas termoregulasi, sehingga temperatur tinggi terasa tidak terlalu berat dan membantu meningkatkan performa pada acara di tempat ketinggian, di mana udara gunung sangat kering dan menyebabkan dehidrasi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X