California Larang Penjualan Produk Fesyen Berbahan Bulu Binatang

Kompas.com - 16/10/2019, 10:56 WIB
. PETA VIA dazeddigital.com.

KOMPAS.com - California akan menjadi negara bagian pertama di Amerika Serikat yang melarang penjualan pakaian, sepatu, dan tas yang terbuat dari bulu binatang.

Lalu, jika musim Spring/Summer 2020 dirangkum dalam sebuah tema besar, maka kata yang akan keluar adalah soal isu keberlanjutan dan etika fesyen.

Sebutlah isu penyeimbangan karbon dari Gucci hingga isu tentang pohon dari Dior, menggambarkan bagaimana industri mode berusaha menemukan cara untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Baca juga: Prada Tak Lagi Gunakan Bulu Binatang Asli Mulai 2020

Dan sekarang, sebuah rancangan undang-undang baru telah disahkan di California, dan akan mulai berlaku pada tahun 2023.

Saat  berlaku, California akan menjadi negara bagian pertama di AS yang melarang penjualan dan pembuatan produk fesyen dari bulu binatang.

Bagi mereka yang melanggar berpotensi diganjar denda hingga mencapai 500 dolar AS, atau dalam kasus berulang denda mencapai 1000 dollar AS. Atau, kira-kira  Rp 7 juta dan Rp 1,4 juta.

Undang-undang itu ditandatangani akhir pekan lalu oleh Gubernur Gavin Newsom.

Newsom mengatakan California adalah pionir dalam hal kesejahteraan hewan, dan dengan undang-undang ini menjadi pelopor dalam pelarangan penjualan bulu binatang.

Meskipun tindakan itu dipuji oleh kelompok-kelompok hak hewan, namun di sisi lain ada pihak yang lain kurang menyambut aturan tersebut.

Baca juga: Banyak Label Fesyen yang Tak Lagi Pakai Bahan Bulu Binatang

Salah satunya, the Fur Information Council of America, yang mengancam akan memperkarakan kebijakan itu.

Keith Kaplan, Jurubicara dari lembaga itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan, larangan itu adalah bagian dari agenda vegan radikal, yang menggunakan bulu sebagai langkah pertama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X