Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2019, 09:16 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Rambut bercabang merupakan tanda rambut yang tidak sehat. Ketika rambut bercabang, artinya kita sudah melakukan hal-hal yang merusak rambut kita.

Misalnya, kebiasaan styling rambut setiap hari atau sering menyisir rambut terlalu kasar. Rambut yang sudah bercabang hampir tidak bisa lagi diperbaiki dan perlu dipotong agar tidak menimbulkan kerusakan lebih parah.

Lalu, apa saja perawatan yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah rambut bercabang?

1. Perawatan dengan minyak alami

Minyak membentuk lapisan pelindung pada batang-batang rambut sehingga rambut terlindung dari kerusakan yang mungkin terjadi ketika mencuci rambut.

Lubrikasi dan perawatan lewat pijat (oil massage) bisa sangat membantu dalam mengatasi rambut rusak. Jadi, setiap mencuci rambut jangan lupa pijat kepala dengan minyak sedikitnya selama satu jam sebelum mencuci rambut

2. Menyisir rambut dengan lembut

Kita mungkin tidak menyadari seberapa kuat kita menyisir rambut. Ada banyak ikatan-ikatan di rambut yang harus dilepaskan secara lembut. Maka usahaka tidak menyisir rambut terlalu kuat.

Menarik-narik rambut bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada rambut dan memicu rambut bercabang yang semakin banyak. Selain itu, pilihlah sisir bergigi jarang untuk menyisir rambutmu.

Baca juga: Rambut Rusak dan Rontok Gara-gara Smoothing atau Cat? Ada Solusinya...

3. Tidak terlalu sering menggunakan alat styling

Penggunaan panas dari alat-alat styling rambut adalah salah satu penyebab utama rambut bercabang. Menggunakan alat styling ketika rambut sudah bercabang akan membuatnya semakin rusak. Jadi, jangan terlalu sering menggunakannya atau akan lebih baik jika berhenti menggunakannya hingga kondisi rambutmu kembali seperti sedia kala.

4. Jangan patahkan rambut bercabang itu

Ketika melihat rambut bercabang, kamu mungkin tergoda untuk menarik atau memisahkannya. Jangan pernah lakukan itu. Tak peduli seberapa besar keinginanmu, menarik ujung rambut bercabang akan membuat rambut lebih lemah dan memicu rambut bercabang yang semakin banyak.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

5. Menggunakan leave-in conditioner

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com