Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Saus Tomat Tak Baik untuk Kesehatan Anak-anak?

Kompas.com - 18/10/2019, 21:33 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Saus tomat selalu jadi favorit anak-anak. Burger, ayam goreng, dan kentang goreng rasanya tak lengkap tanpa cocolan saus tomat. Tapi, sebenarnya apakah saus tomat sehat?

Sebagian besar orangtua mungkin berpikir bahwa saus tomat tidak berbahaya untuk kesehatan anak. Karena, saus tomat terbuat dari tomat dan seperti yang kita tahu tomat kaya vitamin C, lycopene, serat, dan kandungan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh.

Sayangnya, kandungan saus tomat dan tomat asli jauh berbeda. Terlalu banyak mengonsumsi saus tomat atau mengonsumsinya untuk jangka panjang bisa membahayakan kesehatan anak.

Mengandung gula

Satu botol saus tomat mengandung 25% gula. Memang rasanya enak, tapi terlalu banyak gula di dalamnya dan anak-anak tidak membutuhkan itu.

Anak-anak sudah mendapatkan dari sumber makanan lain, kita tak perlu lagi menambahkannya dari saus tomat.

Ya, anak-anak mungkin jatuh cinta dengan rasanya, tapi penting bagi orangtua untuk membatasi bahkan jika perlu melarang anak untuk mengonsumsi saus tomat, demi kesehatan mereka.

Apalagi, kini tak sedikit anak remaja yang didiagnosis diabetes tipe 2, karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Baca juga: Mau Panjang Umur? Cobalah Rutin Makan Tomat

Tinggi natrium

Umumnya, makanan kemasan memang mengandung natrium, ada yang rendah, ada yang tinggi. Saus tomat termasuk yang tinggi kandungan natriumnya.

Tubuh memang membutuhkan garam, tetapi asupan garam berlebih justru akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti hipertensi, sakit ginjal, hingga jantung.

Sirup jagung tinggi fruktosa

Satu lagi kandungan tak sehat yang ada dalam saus tomat. Sebagian besar saus tomat mengandung sirup jagung tinggi fruktosa yang bertanggung jawab atas tingginya risiko diabetes dan obesitas.

Jika kebiasaan konsumsi saus tomat dibiarkan, bukan tak mungkin di masa mendatang anak-anak berisiko terserang berbagai penyakit lain yang lebih berbahaya.

Baca juga: Ternyata, Tomat Bisa Dongkrak Kualitas Sperma

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com