Rutin Minum Alkohol Membahayakan Jantung

Kompas.com - 20/10/2019, 18:22 WIB
Ilustrasi minuman keras China yang dikenal dengan nama baijiu atau alkohol putih. AFP / LIU JINIlustrasi minuman keras China yang dikenal dengan nama baijiu atau alkohol putih.

KOMPAS.com - Tak ada hal kebaikan dari konsumsi minuman beralkohol secara rutin, sekali pun hanya segelas wine sehari sudah lebih buruk bagi jantung daripada pesta minuman keras. Demikian menurut kesimpulan tim peneliti dari Korea Selatan.

Temuan mereka menyebutkan, peminum alkohol rutin, walau dengan kadar minimal kemungkinannya lebih besar untuk mengalami fibrilasi atrium--irama jantung yang tidak teratur.

Hal ini dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri dada serta meningkatkan risiko stroke lima kali lipat.

Tim peneliti memperingatkan bahaya minuman beralkohol ini setelah mempelajari kebiasaan minum hampir 10 juta orang.

Mereka mewawancara peserta, yang menjalani pemeriksaan kesehatan nasional pada tahun 2009--berapa kali mereka minum per minggu dan jumlahnya.

Kesehatan para peserta ditindaklanjuti hingga 2017 untuk melihat apakah mereka memiliki diagnosis atrial fibrilasi.

Komplikasi yang mengerikan

Para peneliti menemukan, risiko atrial fibrilasi meningkat delapan persen untuk setiap minuman selama seminggu. Faktor risiko terbesar adalah frekuensi minumnya. 

Mereka yang minum setiap hari memiliki risiko 40 persen lebih tinggi daripada mereka yang mengonsumsi alkohol dua kali seminggu.

Jong-Il Choi, pemimpin studi, mengatakan kondisi jantung memiliki "komplikasi mengerikan" yang bisa mengancam jiwa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NYPost
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X