Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelantikan Presiden, Dulu Kutubaru Kini Iriana Jokowi Pilih Baju Kurung

Kompas.com - 20/10/2019, 18:34 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendampingi sang suami, Joko Widodo saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR/MPR, Iriana Jokowi, memilih busana baju kurung yang dipadukan dengan batik.

Jika dibandingkan dengan pelantikan pada periode pertama pada 2014 lalu, Iriana memilih kebaya model kutubaru berwarna cerah yang menampilkan keanggunan perempuan Jawa.

Berbeda dengan pelantikan Jokowi untuk periode kedua, di momen bersejarah ini, ibu negara memilih busana baju kurung bercorak floral yang dipadukan dengan kain dan selendang batik bernuansa cokelat.

Desainer Indonesia Didiet Maulana mengungkapkan pilhan baju kurung oleh Iriana adalah bukti usaha sang Ibu Negara merawat keragaman.

"Hari ini (Iriana) berikan satu pesan, merawat keragaman. Beliau dari Jawa, namun pakai baju kurung (khas) dari Sumatera," ujar Didiet.

Perbedaan pilihan itu, lanjut Didiet, menunjukkan Iriana sebagai Ibu Negara yang mendorong keragaman dan potensi-potensi budaya di Indonesia.

Kembali ke baju kurung, Didiet mengungkapkan ciri busana ini adalah bukaan belakang dengan potongan sesuai lekuk tubuh.

Namun, dari amatan desainer IKAT tersebut, Iriana memilih siluet loose yang membuat penampilannya lebih menarik, lengkap dengan nuansa bordir. Hal itu kian serasi dengan bawahan kain dan selendang yang diletakkan di tangan Iriana,

"Senada dan fresh," kata Didiet.

Ia melanjutkan, momentum Iriana yang memakai baju kurung bakal membuat model ini bertambah peminat, terutama bagi perempuan Indonesia.

"(Baju kurung) sebenarnya sudah tren dan jadi pilihan selain kebaya. (Momentum) hari ini (membuat baju kurung) makin populer," katanya.

Baca juga: Indonesia yang Sesungguhnya dalam Busana Iriana Jokowi

Dua acara

Sebelum menghadiri acara pelantikan presiden, pagi harinya Iriana bersama Jokowi menerima kunjungan kehormatan sejumlah tamu penting, mulai dari PM Australia hingga Sultan Brunei Darussalam.

Ia juga memilih baju kurung bernuansa krem yang dipenuhi cetak floral. 

Setelah menerima kunjungan kehormatan, Iriana mengganti busana untuk acara pelantikan Jokowi. 

Saat keluar dari kediaman bersama Jokowi untuk pelantikan, perempuan berusia 56 tahun itu kembali mengenakan baju kurung, namun dengan warna dan motif berbeda. 

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) menyambut kunjungan kehormatan Perdana Menteri Australia Scott Morrison beserta istrinya Jenny Morrison di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah kepala negara sebelum dilantik sebagai Presiden 2019-2024.ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) menyambut kunjungan kehormatan Perdana Menteri Australia Scott Morrison beserta istrinya Jenny Morrison di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah kepala negara sebelum dilantik sebagai Presiden 2019-2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com