Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Gerak Juga Pengaruhi Kesehatan Kulit, Benarkah?

Kompas.com - 21/10/2019, 09:01 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulit yang sehat dan berkilau juga dipengaruhi oleh pola hidup seseorang. Salah satunya dari asupan makanan. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan berminyak, misalnya, bisa memicu timbulnya jerawat.

Namun, ternyata pola hidup tidak aktif juga berkontribusi terhadap kesehatan dan kondisi kulit.

Dr. Rudy Adiputra, MARS, M. Biomed AAM dari Insta Beauty Aesthetic & Anti Aging Clinic menjelaskan, olahraga dapat mengaktifkan semua sel-sel tubuh, mempercepat metabolisme dan menyeimbangkan hormon.

"Otomatis kualitas kulit juga akan lebih bagus," kata Rudy ketika ditemui di kawasan Kebayoran Baru, beberapa waktu lalu.

Olahraga akan membuat kita berkeringat. Keringat sendiri memiliki banyak manfaat bagi kulit. Kotoran yang ada di pori-pori kulit kemudian akan terdorong bersama keringat sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Keringat ternyata juga baik untuk menjaga kelembapan kulit, lho.

Meski begitu, jangan lupakan faktor lainnya untuk memaksimalkan kesehatan kulit. Mulai dari menjaga pola makan, istirahat cukup, hingga memperbanyak minum air putih.

Jika semua upaya sudah dilakukan namun merasa hasil masih kurang maksimal, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencoba perawatan estetika.

"Fungsi estetik adalah jika mereka sudah melakukan semuanya tapi masih belum menyelesaikan masalah kulitnya," ucap Rudy.

Baca juga: Lawan Penuaan hingga Kanker, Ini 6 Manfaat Olahraga Lari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com