Tips Makan Karbohidrat Tanpa Bikin Perut Gendut

Kompas.com - 21/10/2019, 12:55 WIB
Nasi uduk SHUTTERSTOCKNasi uduk

KOMPAS.com - Karbohidrat memang bukan satu-satunya penyebab penimbunan lemak perut, namun karbohidrat punya peran besar.

"Konsumsi makronutrien berlebih bisa menyebabkan kenaikan berat badan," kata pendiri Luminary MD, Robert Milanes, MD kepada Popsugar.

Lebih jauh, pendiri Weight Zero, MD, Aastha Kalra menjelaskan, karbohidrat dipecah menjadi glukosa dan dijadikan sebagai bahan bakar energi untuk sel-sel, jaringan dan organ tubuh.

Namun, ketika konsumsinya berlebih, glukosa tersebut akan disimpan sebagai glikogen di dalam hati.

Glikogen tersebut bisa saja diubah kembali menjadi glukosa dan digunakan sebagai energi ketika asupan karbohidrat sedikit atau tidak ada sama sekali. Namun, menjadi masalah ketika penyimpanan glikogen mencapai kapasitas maksimal.

"Ketika kita mengkonsumsi karbohidrat, tingkat insulin meningkat," kata Kalra.

Baca juga: Memahami Konsep Diet Rendah Karbohidrat

Insulin bertugas membawa glukosa dari aliran darah ke area tubuh yang membutuhkan energi, tetapi juga merupakan hormon penyimpan lemak.

Milanes menjelaskan, jika kita mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan tidak ada area tubuh yang membutuhkan energi, glukosa tidak punya tujuan dan akan disimpan sebagai lemak.

Makan karbohidrat tanpa bikin gemuk

Seperti yang kita tahu, ada dua tipe karbohidrat, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber POP SUGAR
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X