Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2019, 16:25 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tahun 2019 menandai 70 tahun lahirnya brand Onitsuka Tiger yang pertama kali muncul di Kobe, Jepang, tahun 1949.

Peringatan ulang tahun ini dirayakan dengan kolaborasi bersama tujuh desainer dari Jepang maupun di luar negara itu.

Setelah empat kolaborasi sebelumnya, kini kolaborasi ke-lima dilakukan bersama Kathleen Hanhee Kye, direktur kreatif brand KYE.

Kolaborasi yang diluncurkan tanggal 21 Oktober 2019 ini menghadirkan tema hitam putih yang melambangkan siang dan malam.

Untuk sepatu, Onitsuka Tiger X KYE memunculkan kembali sepatu tenis vintage GSM yang dinamai sesuai singkatan dari ”Game, Set, Match”.

Sneakers kulit ini memiliki sisi luar berwarna hitam dan bagian dalam berwarna putih, dengan pembatas tepat di tengah dan ritsleting yang menggantikan tali.

Onitsuka Tiger X KYEonitsuka tiger Onitsuka Tiger X KYE
Selain sepatu, dalam koleksi ini juga dihadirkan aparel, yakni trackpants dan tracksuit yang motifnya terinspirasi dari bintang yang bersinar di langit malam, berupa gambar bintang berwarna putih di atas latar belakang hitam.

Di sampingnya ada garis merah untuk menambah kesan sporty.

"Saya berharap orang yang mengenakan koleksi ini akan tampak seperti bintang yang bersinar," kata Kye.

Baca juga: Kisah Unik Lahir dan Bangkitnya Onitsuka Tiger

Adapun Onitsuka Tiger didirikan oleh seorang veteran perang berusia 32 tahun bernama Kihachiro Onitsuka. Pria asal Kobe itu awalnya ingin mengalihkan perhatian para pemuda dari bayang-bayang kelam peperangan agar bangkit lewat olahraga.

Sepatu pertama yang dibuat adalah sepatu basket, namun kemudian Onitsuka juga membuat berbagai sepatu untuk cabang olahraga lain.

Kini sepatu-sepatu Onitsuka Tiger lebih banyak dipakai untuk acara-acara lifestyle karena desainnya yang unik dan nyaman dipakai, walau hampir seluruh koleksi awalnya merupakan sepatu olahraga.

Baca juga: Sepatu Pertama Onitsuka Tiger, Seperti Apa Bentuknya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.