Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2019, 06:57 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyebarkan nilai-nilai positif bisa dilakukan lewat mana saja. Mantan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama juga punya caranya sendiri untuk menyebarkan pesan gaya hidup sehat.

Michelle mengunggah foto dirinya sedang berolahraga Minggu di gym, lewat laman Instagram @michelleobama.

Pada foto tersebut, ibu dua anak itu terlihat mengenakan sports bra, legging, dan topi berwarna hitam tengah melakukan gerakan lunge, sambil memegang bola beban di atas kepalanya.

Pada keterangan foto, Michelle menuliskan bahwa ia tak selalu mencintai rutinitas olahraga. Namun, ia selalu senang pergi ke gym.

"Bagaimana kamu merawat dirimu di #SelfCareSunday?" tulisnya.

Baca juga: Michelle Obama Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

It doesn’t always feel good in the moment. But after the fact, I’m always glad I hit the gym. How did you all take care of yourself on this #SelfCareSunday? ????????

Sebuah kiriman dibagikan oleh Michelle Obama (@michelleobama) pada 20 Okt 2019 jam 11:45 PDT

Unggahan tersebut telah disukai sebanyak sekitar 1,5 juta orang dan turut dikomentari oleh sejumlah pesohor. Beberapa dari mereka memuji fisik Michelle yang tampak terbentuk.

Ini bukan kali pertamanya ia bicara mengenai pentingnya aktivitas fisik. Menurut People, sejak menginjak usia 50 tahun pada 2014 lalu, Michelle mengubah pola olahraganya dari kardio intensitas tinggi dan latihan ketahanan menjadi lebih banyak melakukan yoga dan latihan mobilitas.

Juli lalu, Michelle juga diwawancarai oleh Gayle King pada Essence Festival di New Orleans. Pada kesempatan tersebut ia menjelaskan bahwa makanan, pola makan, dan gaya hidup adalah hal yang sangat personal.

"Kita harus memiliki kesehatan kita sendiri. Ini adalah satu-satunya hal yang tidak bisa direnggut oleh orang lain, apapun rasmu, latar belakang ekonomi sosialmu, tingkat pendidikanmu," kata Michelle, seperti diberitakan oleh CBS News.

Meski begitu, lanjut Michelle, banyak orang seperti belum memahami bagaimana cara memiliki kesehatan dirinya sendiri.

"Kami tidak memiliki sumber daya, kami tidak memiliki toko kelontong di komunitas kami, anak-anak kami tidak tinggal di lingkungan yang aman di mana mereka dapat bermain di luar. Begitu banyak dalam hidup kita yang telah berubah," ucapnya.

Michelle juga bicara tentang masa-masa setelah memiliki anak. Saat itu ia merasa tidak punya waktu untuk dirinya sendiri. Namun, di waktu yang sama suaminya, Barack Obama, punya waktu untuk pergi ke gym.

Saat itu ia marah dan merasa suaminya melakukan apa yang dibutuhkan untuk dirinya sendiri. Michelle merasa dirinya sebagai wanita sulit memprioritaskan dirinya sendiri.

Baca juga: Michelle Obama dan Perjuangannya untuk Hamil Lewat Program Bayi Tabung

Sama halnya dengan memerhatikan kesehatan diri.

"Kita sangat sibuk memberi dan melakukan segala hal untuk orang lain, hingga kita merasa bersalah jika mengambil waktu tersebut untuk diri kita sendiri. Kita dilatih seperti itu," ucap dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com