Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mengusir Godaan Kantuk dan Lesu di Siang Hari

Kompas.com - 22/10/2019, 09:48 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rasa ngantuk dan lemas biasanya menyerang di pertengahan hari. Apalagi setelah perut kenyang selepas makan siang. Padahal, tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan masih panjang.

Kondisi mengantuk saat siang wajar terjadi, tapi kita harus melakukan cara agar produktivitas kerja tidak terganggu.

Pelatih manajemen waktu sekaligus penulis "Divine Time Management" dan "How to Invest Your Time Like Money", Elizabeth Grace Saunders berbagi tips agar kita bisa tetap fokus dan terjaga menghadapi serangan kantuk tersebut.

1. Olahraga

Ketika tubuh lelah dan lesu, saatnya bangkit dan bergerak. Elizabeth mengatakan, beberapa kliennya sengaja merencanakan olahraga di siang hari ketika mereka tahu produktivitas mereka pada waktu tersebut tidak tinggi.

Jika tidak ingin berkeringat terlalu banyak, kamu tetap bisa mendapatkan suntikan energi dengan berjalan-jalan ringan.

"Jalan kaki atau naik tangga selama 10 menit bisa memberikan lebih banyak suntikan energi ketimbang segelas kopi," kata dia.

Baca juga: Tanda Kurang Tidur Selain Gampang Mengantuk

2. Rehat sejenak

Ketika pikiran sedang penat, terkadang kita butuh waktu untuk istirahat dan rehat sejenak dari rutinitas. Kamu bisa sekadar berkhayal atau melakukan aktivitas seperti beribadah atau bermeditasi.

Cara ini lebih baik daripada mengakses Instagram dan melihat-lihat unggahan orang. Memandang ke luar jendela, menggambar, atau melakukan hal lainnya yang kamu senangi bisa menjadi opsi.

3. Tertawa

Berbincang dan tertawa bersama teman-teman atau sekadar menonton video komedian sedang beraksi bisa memberikan kita suntikan endorfin yang cukup. Tertawa bisa meningkatkan zat kimia pemberi rasa senang dan menurunkan stres di tubuh kita. Bahkan, memikirkan hal yang lucu juga bisa meningkatkan energi kita.

4. Tidur siang

Tidur di malam hari penting untuk menjaga energi kita sepanjang hari. Namun, tidur siang sejenak di tengah aktivitas juga efektif membantu kita mendapatkan energi.

Cukup lakukan tidur singkat selama 15 hingga 20 menit untuk membantumu lebih fokus dan meningkatkan fungsi motorik. Beberapa perusahaan sudah menerapkan hal ini untuk meningkatkan produktivitas karyawannya.


Baca juga: Pentingnya Tidur Siang demi Kebugaran dan Peforma Tubuh

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com