Delapan Trik Berbusana Lebih Nyaman Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 22/10/2019, 13:54 WIB
Ilustrasi pakaian anti sinar matahari ShutterStockIlustrasi pakaian anti sinar matahari

KOMPAS.com - Suhu udara di sejumlah daerah di Indonesia terasa panas terik dalam beberapa hari terakhir.

Di wilayah DKI Jakarta kemarin, misalnya, suhu bahkan mencapai 36 derajat Celcius.

Pada cuaca panas, selain persiapan lewat asupan makanan dan minuman, pemilihan pakaian yang tepat juga bisa membantu kita merasa sedikit lebih nyaman.

Mulai dari memilih warna, bahan, hingga potongan pakaian, berikut delapan tips lebih sejuk dengan cermat berbusana di cuaca panas, seperti dilansir dari T3:

1. Warna-warna musim panas

Memilih warna pakaian memang merupakan selera pribadi. Namun, warna-warna cerah ala musim panas lebih disarankan untuk digunakan saat cuaca panas ketimbang warna-warna gelap.

Tidak hanya lebih mudah dipadupadankan, warna-warna terang juga memberi kesan lebih dingin dibandingkan dengan warna-warna gelap yang menyerap panas.

Namun, bukan berarti kamu harus memakai item berwarna cerah dari ujung kaki hingga kepala. Kamu bisa mengombinasikannya dengan warna tegas untuk menyeimbangkan kontras warna pakaianmu.

Baca juga: Inspirasi Tampilan Musim Panas ala Kate Middleton

2. Bahan yang tepat

Bahan yang nyaman untuk digunakan pada cuaca panas akan sangat sempurna jika dipadukan dengan pemilihan warna pakaian yang tepat.

Pilihlah bahan-bahan pakaian yang ringan dan memudahkan kulit untuk bernapas. Bahan-bahan yang umum digunakan saat cuaca panas antara lain katun dan linen.

Ada banyak jenis katun yang tersebar di pasaran, namun katun seersucker akan membuatmu lebih nyaman, karena dibuat dari anyaman longgar dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik.

Sementara linen mungkin kurang cocok untuk digunakan sebagai pakaian harian, tapi bisa menjadi opsi bahan pilihan ketika cuaca panas.

3. Pakaian longgar

Selain memilih bahan yang memungkinkan kulit mudah bernapas, pakaian yang memiliki desain lebih longgar juga akan sangat membantu kala cuaca panas.

Sebab celana pendek sekalipun akan terasa panas dan membuat kita berkeringat jika potongannya sangat pas di badan.

Bahan-hahan yang longgar akan membuat kita merasa lebih dingin, memperlancar sirkulasi udara melalui serat-serat kain dan juga memberi kesan modis di saat yang bersamaan.

Baca juga: Hindari Pakaian Berbahan Ini saat Cuaca Panas

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber T3
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X