Ketika 16 WNI di Athena Berlatih Jadi Barista Andal...

Kompas.com - 22/10/2019, 19:30 WIB
. DOKUMENTASI KBRI ATHENA.

KOMPAS.com - Mungkin banyak dari kita yang tak menyadari, kopi yang biasa kita minum di kafe sesungguhnya merupakan karya seni. Ya, karya seni seorang barista.

Atau, mungkin pula selama ini kita berpikir, barista hanyalah sebuah profesi yang hanya bertugas membuat racikan kopi, tanpa tahu lebih jauh tentang keterampilan khusus atau bakat mereka.

Di tangan barista, kualitas dari cita rasa kopi ditentukan. Jadi, dapat dikatakan barista memiliki peranan penting dalam menciptakan kopi berkualitas.

Dengan berkembangnya pengemar kopi di dunia, secara perlahan menjadikan barista sebagai profesi yang menjanjikan. Termasuk di Indonesia, ditandai dengan menjamurnya berbagai kafe di kota-kota besar di Tanah Air.

Baca juga: Di Balik Segelas Kopi Susu yang Terinspirasi Keahlian Barista

Sejalan semakin tingginya permintaan atas profesi barista, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Athena, Yunani pun berinisiatif untuk menciptakan barista-barista unggulan.

Mereka menggagas sebuah program yang memberikan keterampilan kejuruan barista kepada masyarakat Indonesia yang tinggal dan bekerja di Yunani.

Hal ini juga terinspirasi dari keunggulan Yunani pada bidang barista di dunia.

Negara ini pada World Barista Championship 2019, menduduki peringkat kedua sebagai barista terbaik dunia, yang diraih oleh Michalis Dimitrakopoulos.

Pelatihan keterampilan ini diberikan secara profesional di IEK Praxis Athena, sekolah kejuruan untuk menciptakan para ahli di bidangnya.

Mempertimbangkan waktu libur masyarakat Indonesia yang sebagian besar bekerja pada sektor domestik, pelatihan barista pun dilakukan di hari Minggu.

Ada 16 peserta yang ambil bagian, dalam pertemuan selama empat kali, mulai 3 November 2019, dengan setiap pertemuan dilaksanakan selama lima jam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X