Benarkah Susu Peninggi Badan Efektif Meninggikan Badan? Ini Faktanya

Kompas.com - 23/10/2019, 16:02 WIB
Ilustrasi anak minum susu SasiistockIlustrasi anak minum susu
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Minum susu kerap diasosiasikan sebagai salah satu cara meninggikan badan. Bahkan, sudah banyak terdapat iklan susu peninggi badan yang diklaim bisa membantu kita mencapai tinggi yang ideal.

Namun, benarkah minum susu merupakan cara efektif dalam meninggikan badan?

Perlu diketahui bahwa faktor terbesar yang memengaruhi tinggi badan adalah gen (60-80 persen). Jadi jika orangtua kamu memiliki tinggi menjulang, kemungkinan besar kamu akan memiliki postur yang sama, begitu pula sebaliknya.

Faktor nutrisi, seperti meminum susu peninggi badan, juga dapat memengaruhi postur dengan persentase 20-40 persen saja. Namun dengan memaksimalkan faktor nutrisi ini, tinggi badan dapat mencapai potensi terbaiknya.

Baca juga: Bisakah Menambah Tinggi Badan Saat Sudah Dewasa?

Benarkah susu peninggi badan efektif meninggikan badan?

Susu peninggi badan yang beredar di pasaran pada dasarnya merupakan susu sapi. Susu ini memang kaya akan nutrisi (termasuk vitamin, mineral, protein, lemak sehat, dan antioksidan yang berguna bagi kesehatan.

Kandungan spesifik susu peninggi badan berbeda-beda, tergantung komposisi lain yang ditambahkan pada susu dan cara pengolahannya. Namun, 1 gelas susu sapi (244 gram) pada umumnya memiliki kandungan sebagai berikut:

  • 146 kalori
  • 8 gram protein
  • 8 gram lemak
  • 28% kebutuhan harian kalsium
  • 24% kebutuhan harian vitamin D
  • 26% kebutuhan harian riboflavin (B2)
  • 18% kebutuhan harian vitamin B12
  • 10% kebutuhan harian potassium
  • 22% kebutuhan harian fosfor
  • 13% kebutuhan harian selenium

Pertanyaannya kemudian, benarkah nutrisi dalam susu peninggi badan ini efektif meninggikan badan? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Bristol, Inggris, mengonsumsi susu sapi memang dapat membuat tulang kaki tumbuh lebih panjang.

Fakta ini berkaitan dengan kandungan protein yang terdapat di dalam susu sapi. Susu sapi merupakan sumber protein yang komplet karena mengandung semua (sembilan) asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh secara optimal.

Terdapat dua jenis protein yang paling banyak ditemukan pada susu sapi, yakni casein (80 persen) dan whey protein (20 persen). Keduanya merupakan protein kualitas tinggi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X