Kompas.com - 23/10/2019, 16:21 WIB
Ilustrasi wajah shutterstockIlustrasi wajah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kulit wajah mengelupas, tidak hanya mengganggu penampilan namun juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis. Kondisi ini juga akan menyulitkan mereka yang perlu menggunakan make up untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Sebab, menggunakan make up disaat kulit wajah sedang mengelupas, justru akan memperparah kondisi tersebut. Agar bisa terhindar dari masalah akibat kulit wajah yang mengelupas, berikut ini langkah-langkah untuk mengatasinya.

Perawatan untuk kulit wajah yang mengelupas ada beragam, mulai dari yang dapat dilakukan sendiri di rumah, hingga pemberian obat oleh dokter. Berikut ini penjelasannya.

1. Gunakan pelembap wajah

Menggunakan pelembap atau moisturizer setelah mencuci muka, dapat mengunci kelembapan kulit. Cara ini, dapat membantu menghilangkan pengelupasan kulit yang disebabkan oleh kulit kering. Pilih produk yang tidak mengandung parfum maupun minyak.

2. Oleskan gel lidah buaya

Lidah buaya dapat meredakan peradangan di kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

Jika kulit wajah mengelupas karena matahari, sebaiknya kamu menghindari bepergian ke luar ruangan terlalu sering, selama masa penyembuhan.

3. Jangan lewatkan penggunaan sunscreen

Menggunakan sunscreen dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, sekaligus menghambat keparahan kondisi tersebut. Sunscreen juga dapat mencegah munculnya gejala penyakit kulit, seperti rosacea.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.