Tidur untuk Selesaikan Masalah, Bagaimana Penjelasan Ilmiahnya?

Kompas.com - 23/10/2019, 20:29 WIB
Ilustrasi tidur MangoStar_StudioIlustrasi tidur
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidur adalah kebutuhan manusia. Tanpa tidur, manusia tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan bertenaga. Manfaat tidur juga banyak, seperti memperbaiki suasana hati, meningkatkan kinerja otak, sampai menjaga jantung yang lebih sehat.

Ternyata, ada satu lagi manfaat tidur yang sangat tak terduga, yakni memudahkan kita menyelesaikan masalah dalam hidup. Seperti apa penjelasan ilmiahnya?

Tidak jarang yang berharap bahwa tidur bisa menyelesaikan masalah. Ternyata, itu bukan sekadar harapan belaka. Ada penjelasan ilmiah dari sebuah penelitian, yang menjabarkan mekanisme tidur dalam membantu kita menyelesaikan masalah lebih mudah.

Jika merasa sulit untuk menyelesaikan masalah saat kerja atau kuliah, tidur nyenyak bisa membantu mencari cara yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut, ketika terbangun.

Baca juga: Tidur Cukup, Kunci Anak Sukses Akademik

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Lancaster, Inggris, melibatkan empat grup responden. Masing-masing grup diminta menyelesaikan teka-teki tertentu. Setengah dari teka-teki itu memiliki tingkat kesulitan mudah, namun setengahnya lagi sulit.

Grup pertama diberikan teka-teki pada malam hari dan mencoba memecahkannya ketika terbangun di pagi hari.

Grup kedua memahami teka-teki itu pada pagi hari, dan menyelesaikannya pada malam hari. Grup ketiga langsung coba menyelesaikan teka-teki itu di pagi hari tanpa ada jeda waktu.

Sementara itu grup keempat, langsung memecahkan teka-teki tersebut seketika itu juga, di malam hari.

Grup mana yang mampu memecahkan teka-teki dengan hasil terbaik?

Setelah melakukan percobaan, para peneliti akhirnya menyimpulkan, grup kedua mencatatkan hasil paling efektif. Namun, dalam memecahkan masalah yang sulit, grup pertama yang tidur dulu sebelum menyelesaikan masalah dan memecahkannya di pagi hari, lebih mampu menghasilkan jawaban teka-teki terbaik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X