Bahaya Gula Berlebih di Balik Demam Boba

Kompas.com - 23/10/2019, 20:41 WIB
ILUSTRASI - Brown sugar boba: susu, teh dan boba. ShutterstockILUSTRASI - Brown sugar boba: susu, teh dan boba.

KOMPAS.com – Berbagai olahan minuman bubble tea yang diberi bola-bola tepung tapioka, alias Boba, kini sangat populer. Rasanya yang manis, creamy, berpadu dengan teksur boba yang kenyal, membuat banyak orang terserang “demam boba”.

Walau berbahan dasar teh hitam dan susu yang sebenarnya sehat, tetapi kandungan gulanya yang tinggi membuat minuman kekinian ini menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Selain gula, minuman boba juga biasanya mengandung creamer non-susu, merupakan pengganti susu yang mengandung lemak trans yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Rumah sakit Mount Alvernia di Singapura, belum lama ini menerbitkan artikel yang membandingkan kadar gula dan kalori dari berbagai jenis minuman bubble tea yang populer, seperti milk tea with pearls, brown sugar milk tea with pearls, jasmine green tea with fruits, i.

Hasilnya, jenis bubble tea yang mengandung gula terbanyak adalah boba, alias brown sugar milk tea. Dalam segelas minuman ini terkandung 18.5 sendok teh gula.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Istilah Boba, Bubble Tea, dan Pearl

Di urutan kedua paling tidak sehat adalah winter melon tea dengan kandungan gula 16 sendok teh.

Orang dewasa rata-rata direkomendasikan mengonsumsi gula tak lebih dari 8-11 sendok teh sehari, sementara untuk anak dan remaja sekitar 5 sendok teh.

Walau minuman yang berbasis buah terkesan sehat, nyatanya kandungan gulanya tak kalah mengerikan, sedikitnya terdapat 8 sendok teh gula.

Dalam jangka panjang, konsumsi gula berlebihan dapat memicu berbagai penyakit, termasuk obesitas, diabetes, hingga kanker.

Tips mengurangi
- Untuk mengurangi asupan gula, terutama bagi kamu yang termasuk “boba mania”, mulailah dengan mengurangi kadar gula dalam minuman. Secara bertahap kurangi kadar gulanya untuk melatih indera pengecapan. Lalu lama-lama pilih minuman yang plain atau tanpa pemanis.

- Pilih ukuran gelas yang kecil

- Sebaiknya jangan memakai tambahan foam topping karena kandungan kalorinya lebih tinggi dari bola boba.

- Mintalah susu segar atau skimmed milk ketimbang non-dairy creamer.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X