Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2019, 08:09 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Memiliki anak usia balita terkadang jadi tantangan baru bagi orangtua. Selain sering terhibur dan kagum dengan kemampuannya yang meningkat, kita juga kerap jengkel dengan berbagai ulahnya.

Anak-anak usia dua tahun juga biasanya mulai menunjukkan sikap menentang, senang mengganggu, dan agresif. Misalnya saja mereka gemar merengek, keras kepala, dan tidak berhenti nangis sebelum keinginannya dipenuhi.

Perilaku balita ini bisa hanya sementara atau berlanjut semakin ia besar.

Itu sebabnya ada istilah “teribble two” untuk segala polah tingkah anak berusia dua tahun. Meski sebenarnya di usia tiga, empat, dan lima tahun pun, mereka tetap berulah.

Segala polah tingkah balita itu kerap membuat orangtua pusing cara menghadapinya.

Memang ada orangtua yang bisa menangani perilaku balitanya dengan sabar dan tenang. Namun, kesabaran itu pun dengan mudah hilang dan berganti menjadi teriakan dan hukuman pada anak.

Pada dasarnya perilaku anak dan teknik pola asuh orangtua saling memengaruhi. Menghadapi si balita yang selalu berulah memang butuh seni parenting yang fleksibel tergantung pada situasi.

Sebagai contoh, menghadapi anak yang sering merengek bahkan tantrum, jangan buru-buru memenuhi keinginannya. Sesekali, biarkan ia belajar mengatasi sendiri tantrumnya, karena jika selalu dituruti ia akan belajar bahwa perilakunya itu merupakan cara mendapat perhatian orangtuanya.

Menurut penelitian, orangtua yang bisa bersikap disiplin namun tetap suportif bisa mengurangi segala ulahnya.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini di Rumah Saat Anak Demam

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com