Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2019, 11:05 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Susi Pudjiastuti boleh jadi tidak lagi berada di susunan kabinet pemerintahan saat ini. Namun, sosoknya yang tegas dan unik meninggalkan kesan yang mendalam di hati banyak orang.

Tak terkecuali bagi desainer kondang Anne Avantie. Desainer senior itu menyimpan cukup banyak cerita selama 13 tahun merancang kebaya untuk Susi.

Lewat sebuah unggahan di laman Instagramnya, @anneavantieheart, Anne mengunggah sebuah video yang memperlihatkan Susi sedang mengenakan kebaya rancangannya serta sebuah surat dalam keterangan foto.

Dalam surat, desainer asal Semarang itu menganggap Susi merupakan orang yang spesial, baik ketika menjadi atau tidak menjadi menteri.

"Karena bagi saya Ibu Susi itu klien saya sejak jauh sebelum jadi menteri dan saya menyebut ibu adalah Ibu Susi Air, bukan Ibu Susi Menteri," tulis Anne.

Baca juga: Anne Avantie Jadi Perancang Langganan Menteri Susi Pudjiastuti

Anne juga merasa tak semua orang berkesempatan lebih dekat dengan sosok seorang Susi, bahkan memilihkan aksesori untuk mempercantik busana yang dipakainya.

Bagi Anne, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu adalah sosok perempuan yang unik luar biasa, mandiri dan tidak pernah menutup-nutup apapun di depan orang lain. Termasuk tato di kakinya.

"Walau ada yang mendampingi makeup dan hair do tapi semua ibu kerjakan sendiri, masang konde masang dhewe (sendiri), lipstikan, lipstikan dhewe. Pokoknya ibu luar biasa di mataku. Yang tidak harus jaim karena jadi menteri," tulisnya.

Menteri Perikanan, Susi Pudjiastuti tiba sebelum acara  pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Menteri Perikanan, Susi Pudjiastuti tiba sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)

Siapkan kebaya oranye

Pada akhir surat yang diunggah Anne lewat akun Instagramnya, ia menuliskan akan tetap mengirimkan kebaya oranye untuk Susi.

Menurutnya, selama ini ia terbiasa menyiapkan kebaya untuk Susi jelang momentum spesial, seperti acara kenegaraan atau hari besar.

Kebaya oranye merupakan warna yang diinginkan Susi dan disampaikan belum lama ini.

"Aku sudah ngerti banget warnanya mau apa, kepengennya kayak apa. Dan aku selalu siap-siap. (Misalnya) oh mau 17 Agustus, mau pelantikan, Kartinian, mau ada acara ini," katanya kepada Kompas Lifestyle.

Baca juga: Berkacamata Hitam dan Boots, Menteri Susi Hebohkan Panggung JFW 2019

Kebaya oranye tersebut mungkin tak akan dikenakan Susi saat menghadiri acara kenegaraan. Namun, Anne meyakini perempuan yang mendapatkan sejumlah penghargaan internasional kala menjabat menteri itu suatu saat akan memakainya pada momentum spesial.

"Saya yakin kebaya oranye akan muncul di satu momen yang sangat berarti bagi beliau dan dalam kehidupan beliau, sehingga menjadi sebuah hadiah dan harapan yang indah," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com