Kompas.com - 24/10/2019, 20:42 WIB
Ilustrasi jerawat ShutterstockIlustrasi jerawat
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan produk perawatan kulit yang beragam di pasaran membuat banyak orang tak ragu mencoba-coba produk untuk mengatasi masalah kulit mereka.

Namun, beberapa orang justru mendapati jerawat atau bruntus setelah mencoba produk baru tersebut. Sehingga mereka mengira, jerawat timbul karena produk tidak cocok dengan kulit.

Padahal, munculnya reaksi kulit ketika beradaptasi dengan produk baru sebetulnya adalah hal wajar.

"Banyak salah persepsi di masyarakat. Jerawat bukan karena tidak cocok skin care. Penyebabnya bukan cuma skin care."

Demikian diungkapkan oleh Head of Erha.DNA, dr. Devina Nova Estikaratri di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (24/10/2019)

Menurut Devina, kulit memerlukan waktu beradaptasi ketika mencoba produk perawatan baru. Waktu adaptasi tersebut berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang bisa hanya memerlukan waktu beberapa hari, sementara beberapa orang lainnya membutuhkan waktu lebih lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mendapatkan jawaban akurat mengenai kecocokan kulit dan produk perawatan kulit, kita bisa meminta bantuan dokter atau menggunakan teknologi medis lainnya.

Erha DNA, misalnya, telah mengembangkan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) dan DNA untuk menentukan produk personalisasi yang cocok untuk masing-masing individu.

Sehingga, kecocokan terhadap produk perawatan kulit tidak didasari oleh opini pribadi.

Lebih jauh, jerawat bisa muncul karena faktor internal maupun eksternal. Mulai dari pola makan, kebiasaan minum air, rutinitas olahraga, rutinitas memakai tabir surya ketika bepergian ke luar rumah, tingkat polusi udara, dan lainnya.

"Jadi jerawat sangat banyak faktornya, bukan mutlak karena ketidakcocokan dengan skin care," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.