Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Liburan, Salah Satunya Kurangi Risiko Serangan Jantung

Kompas.com - 26/10/2019, 17:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Jangan pernah meremehkan kekuatan piknik bersama teman, pasangan ataupun keluarga. Siapa sangka, ternyata manfaat liburan bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungannya liburan ke gunung, laut atau ke luar kota  dengan kesehatan tubuh?

Terlalu sibuk bekerja, bisa membuat kita lupa piknik. Alhasil, manfaat liburan yang bisa menyehatkan tubuh itu, jadi terlupakan.

Bahkan, waktu liburan pun, pekerjaan sampai “dibawa-bawa”, sehingga pikiran jadi sulit melepas beban pekerjaan.

Padahal kita perlu liburan agar lebih sehat. Berikut beberapa manfaat liburan untuk kesehatan:

1. Menjauhkan dari stres

Rasa stres bisa berkontribusi terhadap penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk pria dan wanita, liburan setiap 2 tahun sekali, bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner, maupun serangan jantung yang mematikan.

Liburan merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres dari pikiran, sehingga jantung bisa sehat dan jauh dari penyakit.

Peneliti dari Kanada, meminta 900 karyawan kantoran untuk berlibur dan membuktikan khasiatnya. Ternyata, setelah pulang dari liburannya, mereka mengaku bahwa stres pekerjaan bisa dihilangkan dengan liburan.

Baca juga: 7 Cara Sederhana Mengatasi Stres dan Kecemasan

2. Menyehatkan jantung

Berdasarkan hasil penelitian Framingham Heart Study, pria yang tidak berlibur selama beberapa tahun, mengalami peningkatan risiko serangan jantung sebanyak 30%, dibandingkan dengan mereka yang kerap berlibur.

Sementara itu, para wanita yang hanya berlibur sekali dalam 6 tahun, lebih rentan terhadap penyakit jantung koroner atau serangan jantung, dibandingkan dengan wanita yang suka berlibur, setidaknya 2 kali dalam setahun.

Baca juga: Liburan ke Pantai Bikin Bahagia

3. Meningkatkan kesehatan mental

Ahli saraf telah menemukan bahwa struktur otak di tubuh, diubah oleh paparan kronis terhadap hormon stres atau hormon kortisol, yang mampu menyebabkan kecemasan dan depresi.

Dengan berlibur, kita bisa mendapatkan perasaan tenang dan tidak dihantui segala pikiran yang memberatkan. Hal ini akan membuat tubuh untuk menjaga kesehatan mental.

Halaman:
Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com