Gaya Kelly Tandiono, Pakai Busana dari Botol Plastik Bekas

Kompas.com - 27/10/2019, 08:16 WIB
Model Kelly Tandiono menggunakan pakaian dari bahan olahan sampah botol plastik dan kain bekas lainnya di panggung Jakarta Fashion Week 2020. Dok. Danone-AQUAModel Kelly Tandiono menggunakan pakaian dari bahan olahan sampah botol plastik dan kain bekas lainnya di panggung Jakarta Fashion Week 2020.

KOMPAS.com - Model dan aktris Kelly Tandiono turut menyebarkan pesan kepedulian terhadap isu sampah plastik lewat penampilannya di panggung Jakarta Fashion Week 2020, Jumat (25/10/2019) sore.

Tampil sebagai muse di panggung kolaborasi bersama Danone- AQUA, Kelly bersama content creator Ayla Dimitri melenggang mengenakan busana yang dibuat dari kreasi bahan-bahan bekas.

Kreasi itu dirancang oleh founder dan creative director fbudi, Felicia Budi.

Pleated long skirt yang dikenakan aktris film Gundala itu terbuat dari kain taffeta dan polyester-hasil olahan daur ulang botol plastik.

Baca juga: Joko Anwar Manjakan Kelly Tandiono di Film Gundala

Model Kelly Tandiono menggunakan pakaian dari bahan olahan sampah botol plastik dan kain bekas lainnya di panggung Jakartw Fashion Week 2020.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Model Kelly Tandiono menggunakan pakaian dari bahan olahan sampah botol plastik dan kain bekas lainnya di panggung Jakartw Fashion Week 2020.
Selain bawahan, item lainnya yang dikenakan Kelly juga merupakan hasil daur ulang.

Atasan berwarna biru yang dikenakan Kelly merupakan kreasi dari perca katun dan sutra. Sementara, hiasan rambutnya menggunakan bahan nilon bekas.

Felicia menuturkan, di balik kreasi busana berbahan daur ulang tersebut ia menyelipkan pesan untuk mendorong circular fashion.

Baca juga: Kolaborasi Diesel x Readymade Ciptakan Denim dari Bahan Daur Ulang

Circular fashion adalah pembuatan item fesyen menggunakan bahan yang sudah ada sehingga meminimalisasi penggunaan sumber daya baru.

"Kuncinya saya ingin memanfaatkan kain semaksimal mungkin. Sebisa mungkin habis terpakai," ucap dia.

Content creator Ayla Dimitri dan model Kelly Tandiono menjadi muse koleksi kolaborasi Danone-AQUA bersama desainer ternama seperti fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi, hingga seniman aksesori Ika Vantiani dan Its In Your Hand Collective di panggung Jakarta Fashion Week 2020.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Content creator Ayla Dimitri dan model Kelly Tandiono menjadi muse koleksi kolaborasi Danone-AQUA bersama desainer ternama seperti fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi, hingga seniman aksesori Ika Vantiani dan Its In Your Hand Collective di panggung Jakarta Fashion Week 2020.
Selain itu, konsep pembuatan busana yang diterapkan Felicia juga cukup unik.

Alih-alih melakukan pengukuran terlebih dahulu pada badan model, ia justru menyambung dan membentuk bahan-bahan tersebut langsung di badan model.

"Jadi bukan di-sketch baru cari kain," kata Felicia.

Kelly dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, mengatasi masalah sampah plastik perlu disertai inovasi dari setiap individu.

Baca juga: Indahnya Batik yang Dibuat dari Daur Ulang Limbah

Mulai dari hal sederhana seperti memisahkan sampah rumah tangga, hingga mengimplementasikannya di bidang keahlian masing-masing.

Seperti para desainer menuangkan pesan tersebut lewat rancangan busana.

"Aku sangat support sustainable fashion. Jadi bukan cuma gaya hidup sehat tapi di sekitar kira juga harus lebih sehat," ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X