Menelusuri Sejarah Bolu dalam Tampilan Oleh-oleh Tanah Pasundan

Kompas.com - 27/10/2019, 12:13 WIB
Sejumlah pembeli tengah membeli Siliwangi Bolu Kukus (SBK), bolu khas Bogor. Dok SBKSejumlah pembeli tengah membeli Siliwangi Bolu Kukus (SBK), bolu khas Bogor.

KOMPAS. com - Pecinta kuliner pasti pernah merasakan bolu. Tapi tahukah kalau bolu bukan berasal dari Indonesia?

Bolu berasal dari bahasa Portugis yakni bolo yang artinya sama dengan cake dalam bahasa Inggris.

Bolu adalah kue berbahan dasar tepung (terigu), gula, dan telur. Kue bolu umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven.

Dalam perkembangannya, bolu tidak hanya dipanggang, tapi bisa dikukus. Berbagai varian pun diciptakan untuk memenuhi keinginan pasar ataupun mencoba pasar baru.

Lambat laun, bolu tidak hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan perut.

Baca juga: Starbucks Reserve Bogor Tawarkan Pengalaman Unik Minum Kopi

Bolu menjadi bagian kuliner yang meluas pada seni dan kebanggaan saat berkunjung ke suatu tempat atau disebut wisata kuliner.

Makanya, tak salah jika bisnis bolu ini berkembang. Tidak hanya bagi masyarakat atau pengusaha biasa. Beberapa artis mencoba peruntungannya di dunia cake ini.

Perkembangan ini menjadikan bolu sebagai wajah dari daerah tersebut. Seperti tidak sah ke Yogyakarta kalau tidak mencicipi gudeg.

Tidak "afdol" kalau ke Bandung tidak mencicipi mie kocoknya. Tidak asik pula kalau ke Jakarta tidak mencoba kerak telornya.

"Di Bogor, tidak asik juga kalau tidak mencicipi dan membawa oleh-oleh Siliwangi Bolu Kukus (SBK)," ujar pengelola SBK, Muhammad Faizal Chaniago saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/10/2019) lalu.

Baca juga: Tips Pilih Tepung Terigu untuk Membuat Cake

Besarnya potensi pasar bolu, membuat SBK menyediakan delapan varian rasa. Ada Susu Lembang, Stroberi Ciwidey, Kopi Bogor, Ubi Cilembu, Ketan Kelapa, Alpukat Mentega, Brownies Coklat, dan Talas Bogor.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X