Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kardigan Legendaris Kurt Cobain Laku Terjual hingga Rp 4,6 Miliar

Kompas.com - 28/10/2019, 07:22 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Kardigan yang dikenakan oleh Kurt Cobain selama pertunjukan MTV Unplugged dari Nirvana, dan salah satu gitar Fender kustom miliknya memasuki pelelangan Ikon dan Idola Julien Live pada Oktober 2019 ini.

Dilansir laman Hypebeast, cardigan Kurt Cobain dengan colorway hijau zaitun itu dilelang untuk kedua kalinya, setelah pembelian pertamanya sebesar 137.500 dolar AS pada bulan November 2015.

Dibuat dengan campuran akrilik, mohair dan Lycra--kardigan yang belum dicuci itu memiliki lima kancing, dua kantong eksterior, ada lubang bekas terbakar dan perubahan warna di dekat saku kiri dan saku kanan.

Pakaian itu juga dilengkapi dengan surat tulisan tangan asli dari Jackie Farry, pengasuh Frances Bean Cobain dan teman dekat Courtney Love, yang memberi Farry kardigan setelah kematian Cobain.

Setelah lelang hingga 26 Oktober 2019, Menurut BBC NEWS, kardigan legendaris Kurt terjual seharga 334.000 dolar AS atau sekitar Rp 4,6 miliar.

Dalam lelang di Julien’s Auction, New York itu juga menjual gitar Kurt yang dipakai dalam In Utero Tour, seri Fender Mustang seharga 340.000 dolar AS atau Rp 4,7 miliar.

Dibikin pada tahun 1993, gitar kustom tersebut dibangun dengan tubuh pirus dan pickguard berbintik-bintik merah, dan digunakan oleh Cobain selama tur band In Utero. Dalam surat yang menyertai dari Love, ia mencatat bahwa instrumen ini adalah salah satu favorit mendiang suaminya. 

"Memorabilia rock & roll telah menjadi investasi," kata Julien .

Dia melanjutkan, lelang ini bukan hanya sekadar pasar kolektor, melainkan investor. Ia mencontohkan orang yang membeli kardigan itu pada 2015 membelinya sebagai investasi, yang kini mendapat keuntungan berkali-kali lipat.

"Sekarang, karena kami telah mendapatkan rekor harga untuk Kurt Cobain, orang-orang mulai menjualnya. Kami mengantisipasi bahwa itu akan dijual lebih dari dua kali lipat. Saya menyebutnya pasar seni rupa baru. Orang-orang semakin banyak berinvestasi dalam budaya pop, terutama rock & roll. Ini cara untuk mendiversifikasi portofolio mereka," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com