Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Cara 'Move On' dari Mantan Setelah Lama Berpacaran

Kompas.com - 28/10/2019, 08:50 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki pasangan adalah sesuatu yang hebat. Bisa dibilang kita jarang merasakan kesepian karena selalu punya teman bicara atau untuk menghabiskan waktu bersama.

Ada banyak hal yang dilakukan bersama, mulai dari ngobrol berdua di kafe favorit, bermain, pergi konser, traveling, mencoba kuliner baru, hingga bertukar isi pikiran dan keluh kesah.

Tidak ada pasangan bahagia yang ingin hubungannya berakhir. Sayangnya, hidup terkadang berjalan tak seperti yang kita inginkan.

Menghadapi saat-saat kegagalan hubungan, terutama jika hubungan tersebut telah dibangun selama bertahun-tahun, tidak lah mudah.

Baca juga: 7 Alasan Sulit Move On dari Mantan Pacar

Jika kamu mengalami kesulitan 'move on' dari hubungan yang pernah dijalankan bertahun-tahun bersama mantan pasangan, delapan tips ini perlu kamu terapkan:

1. Terima kenyataan

Terimalah bahwa hubunganmu sudah berakhir. Tahap ini seringkali menjadi yang paling berat untuk kebanyakan orang.

Sebab terkadang, kita selalu berusaha kembali pada orang tersebut dan ingin memperbaiki kembali hubungan. Semakin cepat kamu menerima itu, maka akan semakin cepat kamu move on.

2. Pergi bersama teman-teman

Seorang teman yang baik akan berada di samping kita, termasuk ketika kita sedang menghadapi masa-masa sulit. Jangan ragu meminta bantuan teman-temanmu. Mereka akan bersedia membantu dan pergi bersamamu, namun kamu perlu berinisiatif mengajak mereka.

Bicara pada orang-orang tertentu setelah putus cinta juga bisa menjadi terapetik. Sebuah studi yang dilakukan Grace Larson dari Northwestern University menemukan bahwa mengungkapkan apa yang sedang dirasakan dan kondisi hubungan saat itu adalah kunci sembuh dari patah hati. Hal ini bisa membantu mendapatkan kembali identitas diri dan rasa terhadap diri sendiri.

Baca juga: Cara Mempercepat Move On dari Mantan Kekasih

3. Menyibukkan diri

Pastikan kamu melakukan sesuatu. Tak perlu sesuatu yang besar, namun faktanya, riset menyebutkan bahwa melakukan sesuatu dengan intensi tertentu bisa efektif membantu kita melalui masa patah hati.

Misalnya, menulis di buku harian sederhana, membaca buku, mendengarkan musik, nonton film, dan lainnya.

4. Belajar hal baru

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com