Kisah Jeffrey Polnaja, "Orang Gila" yang Bermotor Keliling Dunia

Kompas.com - 29/10/2019, 12:00 WIB
Bikers asal Bandung, Jeffrey Polnaja atau Kang Jeje akan melakukan ekspedisi Equatoride dengan menjelajahi 25 negara tropis di dunia dengan mengendarai sepeda motor. Perjalanan dimulai 28 Oktober 2019 dan ditargetkan selesai dalam dua tahun. KOMPAS.com/RENI SUSANTIBikers asal Bandung, Jeffrey Polnaja atau Kang Jeje akan melakukan ekspedisi Equatoride dengan menjelajahi 25 negara tropis di dunia dengan mengendarai sepeda motor. Perjalanan dimulai 28 Oktober 2019 dan ditargetkan selesai dalam dua tahun.

KOMPAS.com – Nama Jeffrey Polnaja ramai diperbincangkan saat berhasil menyelesaikan misi perdamaiannya dengan mengeliling 97 negara menggunakan motor BMW R1150 GS.

Tidak tanggung-tanggung, jarak yang ia tempuh mencapai 420.000 kilometer dengan dua etape perjalanan.

Etape pertama yang diberi tajuk “Ride For Peace” dilakukan 2006-2008 dengan melintasi 72 negara di Asia, Afrika, dan Eropa.

Etape kedua, dilakukan 2012-2015 dengan membelah Eropa, Siberia, Amerika Serikat, kemudian kembali ke Asia.

Baca juga: Ekspedisi Equatoride, Jeffrey Polnaja Bermotor Lintasi 25 Negara

Namun, di balik kesuksesan menjelajahi dunia, ada banyak perjuangan yang harus dilewatinya.

Dianggap Gila

Bikers asal Bandung, Jeffrey Polnaja atau Kang Jeje akan melakukan ekspedisi Equatoride dengan menjelajahi 25 negara tropis di dunia dengan mengendarai sepeda motor. Perjalanan dimulai 28 Oktober 2019 dan ditargetkan selesai dalam dua tahun. KOMPAS.com/RENI SUSANTI Bikers asal Bandung, Jeffrey Polnaja atau Kang Jeje akan melakukan ekspedisi Equatoride dengan menjelajahi 25 negara tropis di dunia dengan mengendarai sepeda motor. Perjalanan dimulai 28 Oktober 2019 dan ditargetkan selesai dalam dua tahun.
Tahun 2001, Jeffrey mencetuskan ide keliling dunia mengendarai motor pasca melihat tayangan televisi bagaimana pesawat menabrak World Trade Center (WTC).

Ia kemudian mencari sponsor dengan mendatangi sebuah perusahaan.

Jangankan tertarik, perusahaan tersebut menertawakan Jeffrey dan menganggap pria yang akrab disapa Kang Jeje (JJ) ini orang gila. Mimpi JJ dianggap mustahil untuk diwujudkan.

Tak patah semangat, Jeje tetap memupuk mimpinya sambil menjalankan hari sebagai pengusaha.

Hingga suatu hari, dia memutuskan untuk mengumpulkan banyak uang demi perjalanan solonya, bahkan hingga menjual perusahaannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X