Ruangan Temaram Lebih Menyehatkan

Kompas.com - 29/10/2019, 16:23 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com - Semakin banyak aplikasi di gadget yang memakai mode gelap ( dark mode) pada layanannya. Misalnya saja aplikasi populer semacam Instagram, Twitter, hingga Google Maps.

Dengan memilih mode gelap, aplikasi tersebut secara otomatis akan berganti warna menjadi gelap ketika cahaya di sekitar kita minim. Pemakaian baterai pun bisa dihemat cukup banyak.

Mengganti cahaya yang terang menjadi lebih redup dan temaram sesungguhnya bukan saja lebih nyaman bagi mata, tapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini tidak hanya berlaku pada gawai tapi juga lingkungan sekitar.

Menurut pembimbing meditasi, Yulia Kovaleva, banyak manfaat besar dari paparan minim cahaya di malam hari. Terutama untuk membuat tidur lebih mudah dan lebih nyenyak.

"Saya sendiri merasa lebih produktif, lebih aktif, dan lebih bahagia, selama periode gelap di musim dingin," katanya.

Ia pun mengingatkan pentingnya mengurangi paparan cahaya buatan di malam hari. Kegelapan merupakan kunci untuk produksi melatonin, si hormon tidur.

Baca juga: Mode Gelap Resmi Hadir di Instagram, Begini Cara Mengaktifkannya

Menggunakan warna-warna gelap seperti biru tua, abu-abu, bahkan hitam, untuk kamar tidur, juga bisa menjadi cara untuk membantu kita lebih mudah tidur, terutama penderita insomnia.

Penelitian menunjukkan, tidur dalam ruangan yang gelap juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, memperbaiki suasana hati, dan juga mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

"Ruangan yang temaram dan gelap juga bisa mendukung meditasi, karena akan menenangkan sistem saraf dan membantu kita mencapai level bawah sadar," kata Kovaleva.

Selain mengganti cahaya lampu yang terang dengan yang lebih temaram, kita juga bisa menciptakan suasana tenang dengan penggunaan lilin atau lampu kecil di ruangan.

Ubah mode gelap di aplikasi gawai beberapa jam sebelum tidur, atau bahkan matikan, lalu nikmati suasana santai dan tenang di rumah. Kita bisa memakai waktu sebelum tidur ini untuk meditasi, ngobrol santai dengan anggota keluarga, atau merawat kulit menggunakan skincare andalan.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X