Tak Hanya Melangsingkan Tubuh, Ini 5 Manfaat Olahraga Plank

Kompas.com - 29/10/2019, 16:42 WIB
Ilustrasi plank shutterstockIlustrasi plank
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sit-up atau crunches mungkin menjadi olahraga perut paling dikenal banyak orang. Namun, olahraga itu disebut tidak seefektif manfaat olahraga plank.

Plank ialah gerakan olahraga yang mengharuskan seseorang menempatkan kedua sisi tangannya, termasuk siku, di permukaan lantai atau tanah, kemudian meletakkan bagian tubuh lainnya seperti ingin push-up. Pria atau wanita pun bisa melakukannya, dengan postur yang sama.

Jika dilihat oleh kasat mata, mungkin olahraga plank mudah dilakukan. Akan tetapi, ketika kamu mencobanya, perut akan terasa seperti tertekan. Kondisi ini menandakan otot sedang bereaksi terhadap gerakan "papan" tersebut.

Jangan heran ketika banyak pelatih olahraga yang mengatakan, plank adalah salah satu postur sederhana, tapi fungsional dan praktis.

Manfaat olahraga plank untuk tubuh memang begitu banyak. Tidak hanya bagian perut saja yang diuntungkan dari manfaat olahraga plank, tapi cakupannya mencapai keseluruhan tubuh.

Apa saja kelima manfaat olahraga plank itu?

1. Memperkuat otot perut

Melakukan plank saja memang tidak bisa memberikan hasil berupa perut six pack. Namun, jika latihan tersebut disertai diet yang sehat, cardio rutin, hingga olahraga angkat berat, jangan kaget kalau nanti badan kamu terlihat menakjubkan di depan cermin.

Fungsi utama plank memang untuk memunculkan bentuk otot di bagian perut tengah. Melakukannya dengan rutin bisa melatih otot perut inti bagian dalam, termasuk transverus abdominis, yang bisa membuat otot rectus abdominis jadi lebih kuat.

Orang-orang dengan masalah punggung tidak perlu khawatir. Sebab, plank lebih aman  dibandingkan dengan gerakan sit-up.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X