Simak 5 Cara Mencegah Stroke

Kompas.com - 30/10/2019, 16:33 WIB
Ilustrasi stroke shutterstockIlustrasi stroke
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berdasarkan estimasi World Health Organization, setidaknya 17 juta orang meninggal akibat serangan jantung dan stroke setiap tahunnya.

Tingginya angka ini erat kaitannya dengan gaya hidup dan bisa diantisipasi dengan menerapkan cara mencegah stroke yang efektif.

Ini 5 cara mencegah stroke yang bisa dilakukan sesegera mungkin:

1. Pertahankan tekanan darah stabil

Tekanan darah stabil sebaiknya berkisar antara 135/85. Mengingat tekanan darah tinggi merupakan faktor yang memicu stroke, pastikan kamu menjaga tekanan darah.

Cara yang bisa dilakukan seperti mengurangi konsumsi garam kurang dari 1,500 mg per hari, hindari makanan tinggi kolesterol, serta makan sayur dan buah.

2. Berolahraga

Dengan rajin berolahraga, kamu bisa menjaga kestabilan darah sekaligus mencapai berat badan ideal. Lakukan olahraga dengan intensitas sedang setidaknya 5 kali dalam sepekan.

3. Obati diabetes

Memiliki gula darah tinggi lambat laun dapat merusak pembuluh darah. Jika dibiarkan, hal ini juga bisa memberi ruang bagi penyumbatan darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X