Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2019, 18:11 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika ingin menurunkan berat badan, segala usaha dan cara kita coba. Salah satu saran yang perlu diubah biasanya datang dari pola makan, seperti menghindari produk susu.

Padahal susu kaya akan protein, kalsium dan nutrisi lainnya sehingga kerap dianggap sebagai sumber makanan yang lengkap. Minum segelas susu sebelum tidur juga disebut sebagai salah satu kebiasaan yang baik.

Karenanya banyak orang mencari alternatif vegan untuk susu, misalnya susu kedelai atau almond. Pilihan ini mungkin saja ada kaitannya dengan fakta bahwa susu mengandung tinggi laktosa (gula) dan lemak jenuh.

Meski begitu, sebuah studi yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan rutin minum susu bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Benarkah Susu Peninggi Badan Efektif Meninggikan Badan? Ini Faktanya

Peneliti utama, Danit R. Shahar menjelaskan, studi tersebut menyebutkan, faktor yang membuat susu bisa membantu menurunkan berat badan adalah asupan kalsium dan Vitamin D yang lebih tinggi

Dalam riset, para partisipan yang diminta mengonsumsi susu mengalami penurunan berat badan sekitar 5,4 kg setelah enam bulan, lebih besar dibandingkan partisipan yang tidak mengonsumsi dan hanya menurunkan berat badan sekitar 3,1 kg dalam dua tahun.

Walau hubungan susu dan penurunan berat badan belum jelas, namun sudah ada sejumlah bukti yang bisa menjadi landasan mengapa kita perlu menambahkan susu dalam rutinitas makan harian.

Membuat kenyang

Rupanya ada alasan mengapa sejumlah orangtua membiasakan anaknya minum segelas susu pada waktu sarapan. Minuman ajaib ini mengandung hormon peptida YY yang dikenal karena sifatnya melawan rasa lapar.

Jadi, tak hanya cocok untuk memulai hari, susu juga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, kita akan makan lebih sedikit dan tetap teguh pada diet yang dijalani.

Meski begitu, jumlah susu yang dikonsumsi penting untuk diperhatikan. Susu dengan tambahan rasa memang cenderung lebih enak daripada susu biasa. Namun, susu ini sebaiknya dihindari jika targetmu adalah menurunkan berat badan.

Untuk orang dewasa, dianjurkan mengonsumsi susu 250 ml per hari (ukuran gelas normal). Segelas susu mengandung sekitar 150 kalori, sementara segelas susu skim 83 kalori.

Namun, sebelum mengonsumsi susu secara rutin ada baiknya kamu memeriksakan kondisi kesehatanmu, apakah kamu memiliki kondisi intoleransi laktosa atau alergi susu.

Baca juga: Benarkah Minum Susu Bikin Gemuk?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com