Jalan Kaki di Mal Juga Bikin Sehat

Kompas.com - 31/10/2019, 07:20 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Aktivitas fisik, bahkan yang dianggap ringan seperti jalan kaki bisa menjadi salah satu olahraga baik untuk kesehatan. Bila malas melakukan olahraga ringan ini di luar ruangan, kita pun bisa memanfaatkan hobi nge-mal untuk memperbanyak jalan kaki.

Rekomendasi aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan adalah 150 menit per minggu dengan olahraga intensitas moderat, seperti jalan cepat.

Jika dibagi menjadi beberapa hari atau beberapa kali dalam seminggu, kita bisa melakukannya sekitar 10 menit atau lebih setiap hari.

Target ini sangat mudah dicapai dengan jalan kaki di mal atau mengombinasikan jalan kaki di mal dengan aktivitas fisik berat lainnya.

Fakta ini membuat kita tak lagi punya alasan untuk tidak berolahraga karena alasan cuaca, keamanan dan tidak ada teman jalan kaki. Sebab, selain menjawab masalah tersebut, olahraga jalan kaki di dalam mal juga mencegah kita dehidrasi karena mudah mendapatkan air minum, dan berbagai kenyamanan lain saat bergerak aktif.

Agar manfaat kebugaran jalan kaki bisa kita raih, ketahui tipsnya:

- Mulailah jalan kaki dengan kecepatan rendah sebagai pemanasan selama tiga hingga lima menit.

- Tingkatkan kecepatannya perlahan sehingga membuat nafas kita lebih berat daripada sebelumnya.

- Pertahankan kecepatan tersebut selama 10 menit. Sebagai variasi, kita juga bisa menambah interval atau meningkatkan intensitssnya dengan naik tangga atau jalan secepat mungkin selama 30 detik hingga satu menit.

- Sebelum berhenti, turunkan kecepatan selama beberapa menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X