BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Soundrenaline

Ini Dia Deretan Festival Musik dengan Lokasi Menakjubkan

Kompas.com - 31/10/2019, 09:04 WIB
Ilustrasi Coachella Festival SHUTTERSTOCKIlustrasi Coachella Festival

KOMPAS.com – Bagi pecinta musik di seluruh dunia, bulan April menjadi salah satu bulan paling ditunggu setiap tahunnya. Sebab musababnya, di bulan ini biasa digelar satu festival musik bernama Coachella.

Selain jajaran musisi yang tampil, festival musik itu makin menarik karena diselenggarakan di Coachella Valey, California. Kawasan ini merupakan sebuah gurun dengan pemandangan pegunungan Santa Rosa dan San Jacinto serta jajaran pohon palem yang eksotis.

Tak hanya Coachella, ada beberapa festival musik yang juga diselenggarakan di lokasi-lokasi dengan pemandangan menakjubkan. Berikut Kompas.com telah merangkum beberapa di antaranya.

Love International, Kroasia

Perpaduan sinar matahari, laut biru, pantai pasir putih, dan penampilan musisi elektronik dari berbagai negara, semuanya bisa ditemukan di festival musik Love International di Kota Tisno, Kroasia.

Ajang musik yang diselenggarakan di tepi Pantai Dalmatia itu akan membawa penonton berpesta selama satu minggu penuh sambil menikmati garis pantai Kota Tisno yang  menakjubkan.

Baca juga: Bukan Band Rock, Maliq & DEssentials Sempat Merasa Asing Tampil di Soundrenaline

Mengutip dari loveinternationalfestival.com, festival yang sudah digelar sejak 3 tahun lalu ini, biasa dilaksanakan setiap bulan Juli. Pada tahun 2019, Love International menyuguhkan deretan musisi bergenre disko, house, dan techno beats.

Soundrenaline, Indonesia

Indonesia juga punya festival musik yang diselenggarakan di lokasi unik, yakni Soundrenaline 2019. Ajang yang telah dilaksanakan pada 7-8 Oktober 2019 itu terbilang sukses menghibur para penikmat musik.

Asal tahu saja, festival musik tahunan ini digelar di salah satu ikon wisata Bali, yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK). Jadi, penonton yang datang akan disuguhkan penampilan musisi lokal dan internasional dengan patung GWK setinggi 121 meter sebagai latarnya.

Soundrenaline 2019Dok. Soundrenaline Soundrenaline 2019

Tak hanya itu, lokasi acara semakin apik dengan kemunculan instalasi-instalasi seni. Salah satunya, ada instalasi berbentuk sepasang sneakers berukuran raksasa, yang masing-masing berukuran 1x4 meter.

Sepatu raksasa itu merupakan karya seniman visual Muchlis Fachri dengan judul A Pair of Timeless Time Travel. Karya ini merupakan representasi dari tema Soundrenaline 2019, yakni “The Spirit of All Time”.

Selain itu, tema yang diusung juga tercermin lewat suguhan line-up yang tak lekang oleh waktu, seperti Primal Scream, Suede, Burgerkill, Kahitna, RAN, Maliq & D’Essentials, Fourtwnty, Pee Wee Gaskins, dan masih banyak lagi.

Fuji Rock Festival, Jepang

Nama Fuji Rock Festival mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pencinta musik di seluruh dunia. Ya, Fuji Rock Festival merupakan salah satu festival musik paling ditunggu di dunia.

Baca juga: Serba-serbi Soundrenaline 2019, Musisi Ngamen hingga Kemping

Pertama kali diselenggarakan pada 1997, festival itu sudah digelar untuk yang ke-22 kalinya. Tak hanya deretan musisi-musisi keren, festival tersebut juga dikenal karena lokasi acaranya.

Di festival itu penonton diajak menikmati musik sambil menghirup udara segar dan pemandangan hijau di kaki gunung.

Saat pertama digelar tahun 1997, festival ini memang diselenggarakan di kaki Gunung Fuji, Jepang. Namun, sejak 1999 lokasinya dipindahkan ke Naeba Ski Resort, di Prefektur Nigata.

Di Naeba Ski Resort itu, penyelenggara menyulap lapangan besar menjadi lokasi festival dengan 7 panggung utama, beberapa panggung kecil, dan berbagai spot menarik.

Salah satunya, Dragondola yang menjadi gondola terpanjang di Jepang. Melansir laman japan.travel, pengunjung bisa menaikinya untuk melihat pemandangan festival dari puncak Gunung Naeba setinggi 2,145 meter.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

komentar di artikel lainnya