Bergandengan Tangan Bantu Kurangi Rasa Sakit

Kompas.com - 31/10/2019, 15:08 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Cara mengurangi rasa sakit ternyata ada di telapak tangan kita.

Sebuah riset terbaru dari University of Haifa di Israel menemukan, sentuhan fisik seperti bergandengan tangan bisa membantu mengurangi rasa sakit, terutama bagi dua orang yang memiliki hubungan khusus. Temuan tersebut dipresentasikan pekan lalu pada rapat Perkumpulan Neurosains di Chicago.

Profesor psikologi dari University of Haifa, Simone Shamay-Tsoory mengatakan, kita semua tahu bahwa bergandengan tangan penting sebagai dukungan sosial.

Namun, lebih jauh pihaknya menunjukkan mekanisme otak yang terjadi sebagai efek dari bergandengan tangan.

"Untuk pertama kalinya kami menunjukkan bahwa gelombang otak tersinkronisasi selama bergenggaman tangan dan dukungan ini efektif untuk mengurangi rasa sakit," katanya kepada Medium.

Baca juga: Aplikasi Kencan, Teman Tidur Satu Malam hingga Jodoh dalam Genggaman Tangan

Shamay-Tsoory dan timnya telah melakukan sejumlah studi terhadap materi itu selama bertahun-tahun.

Pertama, dalam sebuah studi yang dipublikasikan 2016 di American Pain Society's Journal of Pain, para peneliti membandingkan efek sentuhan, dari orang-orang tersayang dan orang asing, serta empati terhadap rasa sakit.

Mereka mengungkapkan, bahwa ketika orang-orang tercinta menggenggam tangan kita, tingkat rasa sakit tertentu bisa dikurangi. Namun, empati yang datang dari orang asing ternyata tidak memiliki efek yang sama.

Kemudian pada 2018, mereka melakukan penelitian lanjutan kembali terhadap hasil tersebut dan menggunakan scan EEG untuk mengukur sinyal otak pasangan yang menjadi partisipan mereka. Studi tersebut dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences.

Pasangan tersebut diminta untuk bergandengan tangan ketika salah satu dari mereka sedang merasakan sakit. Ternyata, otak mereka tersinkronisasi.

Tetap saja, jangan berharap rasa sakitmu akan langsung hilang hanya dengan bergandengan tangan dengan pasangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NYPost
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X