Kenali 6 Penyebab Batuk Balita yang Tak Kunjung Sembuh

Kompas.com - 31/10/2019, 18:17 WIB
- shutterstock-

KOMPAS.com - Walau batuk sebenarnya adalah reaksi normal tubuh untuk menghilangkan gangguan di saluran pernapasan, ibu harus waspada bila balita batuk lebih dari 4 minggu.

Menurut American Academy of Pediatrics dan berbagai asosiasi kesehatan lain, batuk balita yang tidak kunjung sembuh bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

Alergi dan Sinusitis
Rhinitis alergi adalah radang membran hidung yang muncul sebagai reaksi tubuh dalam merespon alergen. Ibu bisa mengetahuinya bila balita batuk lebih dari 1 bulan yang diiringi dengan ingus encer dan mata gatal.

Sinusitis juga menjadi salah satu penyebab teratas batuk balita tidak kunjung sembuh.
Gejalanya adalah batuk yang disertai dengan tekanan dibagian wajah dan adanya lendir atau dahak berwarna hijau kekuningan.

Asma
Tidak banyak yang tahu, tapi batuk kronis yang tidak kunjung sembuh juga bisa menjadi satu-satunya gejala asma lho. Pada penderita asma, kadar hormon kortisol dalam tubuh akan menurun secara alami di malam hari.

Inilah yang kemudian membuat saluran pernapasan merada dan menjadi lebih sempit, sehingga membuat balita batuk.

Baca juga: Telinga Si Kecil Berdenging? Hati-Hati Balita Mengalami Tinnitus

Batuk Rejan

Dikenal juga dengan nama pertusis atau batuk 100 hari, batuk rejan adalah penyakit menular yang terjadi akibat infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan.

Bila batuk balita tak kunjung sembuh dan tampak tidak terkendali hingga dia harus sering menarik napas panjang, maka bisa jadi inilah penyebabnya. Komplikasi akibat batuk rejan cukup serius dan bahkan bisa mengancam nyawa Si Kecil.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

Cystic Fibrosis
Fibrosis kistik atau cystic fibrosis adalah penyakit genetik yang menyebabkan infeksi paru-paru berkepanjangan. Menurut praktisi kesehatan anak Jenifer Burke, balita yang batuknya tidak kunjung sembuh dan berat badannya tidak kunjung naik meski banyak makan perlu dicurigai mengalami penyakit ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X