Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2019, 20:05 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Walau kita ingin tampil wangi dengan aroma parfum favorit, tetapi hindari menyemprotkan parfum secara berlebihan di tubuh.

Kunci agar wangi parfum tahan lama adalah menyemprotkannya di tempat yang tepat. Untuk itu sebaiknya hindari memakainya di area berikut ini:

1. Mata
Sudah jelas kita tak boleh menyemprotkan parfum dekat mata. Parfum yang berbahan dasar alkohol mengandung ethyl (bahkan sampai 95 persen) yang bisa memicu iritasi dan perih ketika kontak dengan area kulit yang sensitif, seperti mata.

2. Rambut
Rambut secara alami memang akan menyerap aroma, sehingga kita pun menganggap sudah tepat jika rambut yang terkena parfum akan membuat wanginya tahan lama. Faktanya, parfum berbahan alkohol akan kering, terutama jika disemprotkan langsung ke batang rambut.

Jika ingin helaian rambut memiliki aroma parfum favorit, coba trik berikut ini. Semprotkan parfum ke sisir, lalu sisirlah rambut dengan lembut untuk mencegah rambut kusut atau rusak.

Baca juga: Cedrat, Aroma Jeruk Unik yang Menyegarkan

3. Tangan
Pergelangan tangan merupakan area favorit banyak orang untuk dipakaikan parfum, tapi hindari menyemprot di jari tangan. Kekurangan dari menyemprot parfum di bagian tubuh ini adalah bisa membuat kulit jadi kering, terlebih jika kita sedang berada di tempat dingin. Selain itu, tanpa sadar kita juga bisa mengucek mata atau memasukkan tangan yang terkena parfum ke mulut.

4. Organ intim
Sekali lagi, hindari menyemprotkan parfum di area kulit yang tipis dan sensitif, termasuk organ intim. Efek bahayanya adalah iritasi dan rasa gatal, bahkan inflamasi di organ genital.

5. Ketiak
Berbeda dengan deodoran yang harus dipakai di ketiak, parfum sebaiknya tidak disemprotkan di area ini. Interaksi antara parfum dan kelenjar keringat di ketiak bisa memicu rasa gatal dan sensasi terbakar.

Area tubuh terbaik untuk disemprotkan parfum adalah titik denyut nadi, seperti leher, pergelangan tangan, serta belakang lutut. 

Terkadang parfum yang disemprotkan di kulit memudar dengan cepat dibandingkan kain atau bahan pakaian. Jika ingin parfum awet, semprotkan sedikit parfum kesayangan di scarf atau baju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com