Siku Hitam Bikin Harimu Kelam? Intip 8 Cara Mencerahkannya

Kompas.com - 01/11/2019, 11:48 WIB
ilustrasi siku shutterstockilustrasi siku
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Merasa tidak percaya diri mengenakan pakaian lengan pendek atau tanpa lengan karena bagian siku kamu hitam?

Tenang, kamu tidak sendirian. Siku hitam adalah kasus yang cukup sering terjadi pada banyak orang.

Jangan khawatir apabila mengalaminya. Dengan perawatan serta mengubah kebiasan buruk, siku hitam bisa diatasi dan membuat percaya diri kembali lagi.

Apa penyebab siku hitam?

Umumnya siku adalah bagian tubuh yang jarang diperhatikan dan dirawat oleh banyak orang. Apalagi jika dibandingkan dengan kulit wajah atau tangan. Oleh karena itu tidak heran jika kita baru sadar ketika siku sudah menghitam.

Padahal proses penghitaman ini tidak terjadi serta-merta, lho, melainkan bertahap. Karena jarang diperhatikan perkembangannya, seringkali kita pun tidak tahu apa penyebab siku menjadi hitam.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat membuat siku menjadi hitam. Beberapa di antaranya adalah:

Mengonsumsi pil KB

Saat mengonsumsi pil KB, hormon di dalam tubuh mengalami perubahan. Perubahan ini menyebabkan bertambahnya produksi pigmen kulit. Jika pigmen ini berkumpul menjadi satu maka akan membuat bagian kulit, seperti di siku, terlihat kusam.

Akumulasi sel kulit mati

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X