Mual dan Ingin Muntah Saat Main Game? Bisa Jadi Motion Sickness

Kompas.com - 02/11/2019, 14:14 WIB
Ilustrasi bermain game shutterstockIlustrasi bermain game
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bermain game memang seru, apalagi untuk menghabiskan waktu. Namun hati-hati, kalau sudah mulai mual dan ingin muntah saat main game. Bisa jadi, itu kondisi motion sickness.

Awalnya, kondisi itu disebut sebagai simulator sickness, karena dokter mendapati pasiennya mual dan ingin muntah, ketika main game berjenis simulator mengemudi atau terbang.

Sebelum mengetahui penyebab main game bisa bikin mual dan ingin muntah, kita harus mengetahui lebih lanjut mengenai motion sickness.

Motion sickness adalah sensasi pusing yang biasanya dirasakan saat bepergian dengan mobil, kapal, pesawat atau kereta api.

Organ-organ sensorik tubuh mengirimkan pesan “campuran” ke otak, yang akhirnya menyebabkan pusing, mual hingga muntah.

Ada beberapa orang yang lebih mudah mengalami motion sickness, entah itu saat bepergian atau main game. Lalu, apa hubungan main game dengan motion sickness?

Motion sickness yang timbul karena main game, bisa terjadi akibat terputusnya informasi yang diterima otak mengenai yang dilihat mata, dan dirasakan tubuh.

Pernahkah kamu merasa seperti sedang bergerak, tapi sebenarnya tidak? Perasaan motion sickness yang timbul karena main game, sama seperti itu.

Teori paling umum untuk bisa menjelaskan motion sickness akibat main game adalah sebagai berikut: tubuh berpikir bahwa ia sedang diracuni dan kamu sedang berhalusinasi dari gerakan yang terlihat, tapi tak bisa dirasakan.

Jika kamu tidak segera berhenti main game, rasa mual bisa semakin hebat, dan muntah pun terjadi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X