Mengapa Terkadang Kita Lebih Sering Lapar dari Biasanya?

Kompas.com - 03/11/2019, 22:05 WIB
Ilustrasi lapar ShutterstockIlustrasi lapar

KOMPAS.com - Seringkali kita menyalahkan hormon saat mood sedang buruk atau saat nafsu makan meningkat. Tapi, tahukah kamu bahwa itu bukan alasan yang dibuat-buat melainkan fakta?

Ya, hormon memang memengaruhi banyak hal dalam tubuh, termasuk rasa lapar yang terus muncul.

Ada kalanya, entah itu dalam masa menstruasi atau tidak, kamu merasa lapar lebih sering dari biasanya. Baru saja menyelesaikan makan siang, perut seakan sudah ‘berteriak’ meminta makanan lain.

Seringkali kita tak memiliki penjelasan masuk akal ketika rasa lapar datang terus-menerus. Tapi, kini tampaknya kita memiliki jawaban dari pertanyaan itu.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity melihat hubungan antara makan larut malam dan lonjakan hormonal.

Baca juga: Alasan Makanan Terasa Lebih Enak ketika Perut Lapar

Susan Carnell, Ph.D, yang melakukan penelitian ini mengatakan, temuannya itu menunjukkan bahwa malam hari adalah waktu yang berisiko tinggi untuk makan berlebihan, terutama jika kamu sedang stres dan sudah cenderung makan berlebihan.

"Kabar baiknya adalah bahwa dengan memiliki pengetahuan ini, orang dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko makan berlebih dengan makan lebih awal pada hari itu, atau menemukan cara alternatif untuk mengatasi stres," jelasnya.

Hormon memang dapat bertindak pada saat yang paling buruk, jadi lain kali saat kamu mengalami hari yang menegangkan, cobalah melakukan meditasi atau yoga untuk membantu menenangkan diri. Sehingga, rasa lapar juga akan lebih terkontrol.

Baca juga: 12 Alasan Mengapa Rasa Lapar Selalu Muncul

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber her.ie
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X