Kompas.com - Diperbarui 24/11/2022, 16:53 WIB


KOMPAS.com - Tidak ada istilah "normal" jika tentang dorongan seksual. Libido setiap orang berbeda-beda dan bisa berubah tergantung pada banyak faktor, mulai dari obat yang diminum sampai status hubungan.

Yang harus diperhatikan adalah bagaimana perasaan seorang wanita tentang libidonya. Jika ia tidak nyaman karena gairahnya sulit ditingkatkan, hal ini dapat berpengaruh pada citra diri dan hubungannya.

"Sebaliknya, jika ia tetap happy dan tidak terlalu peduli dengan libidonya, hal itu tidak akan berpengaruh pada kesehatan atau kualitas hidupnya," kata dokter ginekologi Raquel Dardik.

Meski begitu, menurutnya jika libido yang rendah itu berlangsung permanen, sebenarnya merupakan indikasi masalah kesehatan atau psikologi.

Ketahui apa saja penyebab tersering libido rendah pada wanita:

  • Obat-obatan

Beberapa jenis obat yang diresepkan dokter, seperti obat hipertensi hingga obat antidepresi, bisa menurunkan libido baik pada pria atau wanita karena sifat obat itu menurunkan level testosteron.

  • Penyakit yang belum terdiagnosis

Bila sebelumnya gairah seks Anda selalu tinggi dan mendadak hilang, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

Ada beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan wanita sulit terangsang, misalnya gangguan tiroid, endometriosis, diabets, hingga artritis.

"Gangguan lain yang sering dialami wanita paruh baya seperti mengompol atau prolaps juga bisa menurunkan citra diri dan membuat wanita malas berhubungan seks," kata dokter obstetri dan ginekologi Carolyn Swenson.

Baca juga: Kehidupan Modern Membunuh Gairah Seks Perempuan

  • Stres jangka panjang

Berbeda dengan pria yang libidonya didorong oleh faktor hormonal, wanita butuh disentuh sisi emosionalnya agar bisa tertarik berhubungan seks. Jika sedang menghadapi stres, fokus kita akan ke tempat lain dan mood untuk bercinta pun lenyap.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Prevention


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.