7 Penyebab Libido Wanita Rendah

Kompas.com - 04/11/2019, 12:18 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Tidak ada istilah "normal" jika tentang dorongan seksual. Libido setiap orang berbeda-beda dan bisa berubah tergantung pada banyak faktor, mulai dari obat yang diminum sampai status hubungan.

Yang harus diperhatikan adalah bagaimana perasaan seorang wanita tentang libidonya. Jika ia tidak nyaman karena gairahnya sulit ditingkatkan, hal ini dapat berpengaruh pada citra diri dan hubungannya.

"Sebaliknya, jika ia tetap happy dan tidak terlalu peduli dengan libidonya, hal itu tidak akan berpengaruh pada kesehatan atau kualitas hidupnya," kata dokter ginekologi Raquel Dardik.

Meski begitu, menurutnya jika libido yang rendah itu berlangsung permanen, sebenarnya merupakan indikasi masalah kesehatan atau psikologi.

Ketahui apa saja penyebab tersering libido rendah pada wanita:

- Obat-obatan
Beberapa jenis obat yang diresepkan dokter, seperti obat hipertensi hingga obat antidepresi, bisa menurunkan libido baik pada pria atau wanita karena sifat obat itu menurunkan level testosteron.

- Penyakit yang belum terdiagnosis
Bila sebelumnya gairah seks Anda selalu tinggi dan mendadak hilang, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Ada beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan wanita sulit terangsang, misalnya gangguan tiroid, endometriosis, diabets, hingga artritis.

"Gangguan lain yang sering dialami wanita paruh baya seperti mengompol atau prolaps juga bisa menurunkan citra diri dan membuat wanita malas berhubungan seks," kata dokter obstetri dan ginekologi Carolyn Swenson.

Baca juga: Kehidupan Modern Membunuh Gairah Seks Perempuan

- Stres jangka panjang
Berbeda dengan pria yang libidonya didorong oleh faktor hormonal, wanita butuh disentuh sisi emosionalnya agar bisa tertarik berhubungan seks. Jika sedang menghadapi stres, fokus kita akan ke tempat lain dan mood untuk bercinta pun lenyap.

- Kelelahan
Larut malam tak berarti malam untuk bersenang-senang. Tidur cukup sangat penting dalam membentuk dorongan seksual. Jika selalu kurang tidur, kita akan kelelahan dan makin tidak mood berhubungan seks.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

- Gangguan hormon
Perubahan libido juga dipengaruhi oleh faktor hormonal. Wanita yang baru melahirkan atau mengonsumsi pil KB biasanya juga memiliki gairah seks yang rendah. Periode pramenopause yang membuat kadar hormon tidak stabil juga jadi penyebab tersering lainnya.

- Seks menyakitkan
Jika hubungan seks yang dijalani hanya menimbulkan sakit, sudah jelas jika wanita tidak tertarik melakukannya. Sekitar 30 persen wanita mengalami rasa sakit saat penetrasi. Penyebabnya beragam, mulai dari vagina yang kering karena pemanasan kurang lama, hingga adanya infeksi di vagina.

- Hubungan kurang mesra
Faktor yang paling kuat memengaruhi libido wanita adalah hubungannya dengan pasangan. Jika wanita merasa tidak bahagia dengan suaminya atau sedang menghadapi masalah yang belum selesai dengan pasangan, rasa tertarik untuk bercinta pun lenyap.

Baca juga: Kiat Memperbaiki Komunikasi yang Buruk dengan Pasangan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X