Ngopi Bikin Bersepeda Makin Semangat

Kompas.com - 05/11/2019, 15:00 WIB
Sekelompok pemuda bersepeda bersama SHUTTER STOCKSekelompok pemuda bersepeda bersama

KOMPAS.com – Menikmati kopi yang enak kini sudah menjadi gaya hidup baru kaum urban, seperti halnya bersepeda. Siapa sangka kedua hobi ini jika disatukan bisa memberikan efek yang positif bagi tubuh.

Menurut penelitian, konsumsi kafein, terutama kopi, bisa meningkatkan performa atletik tubuh. Dengan kata lain, kita akan lebih bersemangat mengayuh pedal sepeda setelah minum kopi.

Studi mengenai manfaat kopi pada pesepeda ini dilakukan terhadap 38 orang pria dan wanita. Kemudian mereka diminta mengonsumsi secangkir kopi sebelum bersepeda sekitar 5 kilometer.

Dalam studi tersebut, partisipan diminta untuk tidka mengonsumsi kafein, alkohol, atau melakukan aktivitas berat 12 jam sebelum dimulainya pengukuran.

Kemudian mereka diberikan kopi sekitar 3 miligram kafein per kilogram berat badan, air dengan rasa kopi (sebagai placebo), dan tidak diberi apa pun (sebagai kelompok kontrol).

Hasilnya, konsumsi kopi terbukti bisa meningkatkan performa partisipan.

Baca juga: Alkohol dan Nikotin Lebih Mengganggu Tidur Ketimbang Kafein

“Kafein merupakan peningkat performa fisik yang sudah lama diketahui. Tapi belakangan ini ada perdebatan apakah efek yang sama juga didapatkan jika kita mengonsumsi kafein bukan dalam bentuk kopi,” kata ketua peneliti Dr.Neil Clarke.

Kendati begitu, kafein belum tentu cocok untuk setiap orang. Bagi atlet muda, kafein justru berdampak negatif.

“Untuk anak berusia di bawah 12 tahun, tidak ada batasan konsumsi kafein yang disebut aman. Harus diingat kafein tidak hanya ada di kopi, tapi juga teh, soda, coklat, dan minuman energi,” kata dokter penykit dalam Dr.Ruby Shah.

Konsumsi kopi dalam jumlah tinggi pada orang dewasa juga bisa berbahaya. Efeknya antara lain detak jantung meningkat, rasa lelah, serta gangguan koordinasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Healthline

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X