Industri Majalaya, Penyedia Material Kain untuk Fesyen Dunia

Kompas.com - 05/11/2019, 17:08 WIB
Proses produksi kain di Nirwana Tekstil, Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dok NIRWANAProses produksi kain di Nirwana Tekstil, Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

KOMPAS.comMajalaya adalah satu dari 31 kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pada tahun 1960-an, Majalaya mulai memasuki masa kejayaannya. Saat itu, Majalaya dijuluki kota dollar, karena menyuplai 40 persen kebutuhan tekstil nasional, terutama sarung.

Sarung tersebut diproduksi warga dengan alat tenun tradisional. Industri rumahan berkembang dengan cukup pesat di masa itu.

Namun lambat laun, teknologi berkembang. Mesin pun mulai masuk ke Majalaya.

Tak mampu bersaing, satu per satu perajin kain berguguran. Hanya sedikit yang mampu bertahan.

Baca juga: Mengenal Kain Aroma, Berteknologi Microcapsule yang Tebarkan Wangi

Salah satu yang bisa bertahan adalah Nirwana Grup. Bahkan, beberapa tahun terakhir ini, mereka kian berkembang dan menjadi penyedia kain untuk berbagai merek ternama di dunia.

“Banyak pabrik di Majalaya yang tutup karena tidak bisa beradaptasi dengan zaman.”

Demikian dikatakan Presiden Direktur Nirwana Grup, Alex Ferdian Santoso kepada Kompas.com di sela-sela Simpati Kickfest 2019, belum lama ini.

Alex menceritakan, bukan perkara mudah untuk keluarganya bisa bertahan. Apalagi sang ayah harus menyewa pabrik yang lebih luas.

Di tahun 1960-1970, sang ayah melakukan peremajaan mesin. Ia memproduksi kain untuk kasur hingga dikenal sebagai raja kasur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X